Advertisement

TIPS MENGAJARKAN ANAK TENTANG CINTA KASIH – Sejak kecil seorang anak dilatih dan dibiasakan untuk menyesuai­kan diri, bersatu dan senasib dengan kehidupan keluarga, dengan cara pergaulan masyarakat dan sesama lainnya. Anak mau menerima orang lain seperti adanya, menghargai orang lain, menjunjung dan memperbaiki orang lain. Anak mampu menentramkan hati orang yang susah dan membesarkan hati orang yang kecil hatinya. Anak mau menerima penderitaan orangtuanya dan mau turut menderita bersama orangtua, sanak-saudara dan sesamanya. Anak terlatih untuk dapat berkorban, mau menolong sesama, bahkan bersedia mengam­puni musuh. Anak sadar bahwa kebahagiaan hidup harus diraih dengan pengorbanan dan penderitaan. Cinta adalah pelayanan yang nyata. Hidup menjadi bermakna kalau saya menyerahkan diriku bagi kebahagiaan orang lain. Wajah orang lain menantang saya untuk berbuat baik terhadapnya. Kalau orang sudah mengetahui keutamaan moral maka dengan sendirinya tindakannya pasti baik. Tidak mungkin orang bertindak salah. Kesalahan dapat teijadi karena orang sama sekali tidak tahu tentang keutamaan moral. Oleh karena itu pendidik sangat yakin dapat mengajarkan kebajikan moral melalui indoktrinasi, pengajaran, nasehat dan teguran. Kelompok kedua mengatakan bahwa bisa diajarkan.Karena dari pengalaman, walaupun orang sudah me­ngetahui keutamaan moral, orang masih saja membuat kesalahan bahkan membuat kejahatan dengan sengaja. Walaupun tahu bahwa mencuri itu tidak baik tetapi pencuri tetap saja mencuri. Mengetahui dan bertindak adalah dua hal yang berbeda. Untuk dapat bertindak, masih diperlukan faktor kehendak.Oleh karena itu tugas pendidik hanya mengembangkan disposisi moral dalam diri anak, menciptakan situasi dan lingkungan yang memadai untuk pertumbuhan keutamaan moral. Contoh teladan dari orangtua dan para pendidik sangat mem­bantu pertumbuhan moral dalam diri anak. Pengajaran tentang keutamaan moral hanya merupakan bantuan yang sangat kecil dalam pertumbuhan moral anak didik.

Anak yang baik adalah anak yang memiliki disposisi terhadap enam keutamaan di atas. Itu berarti -bahwa dalam diri anak ada ke­cenderungan untuk berbuat baik dan melaksanakan enam keutama­an dalam tindakan nyata. Penilaian kita terhadap perkembangan enam keutamaan itu harus disesuaikan dengan usia anak. Jadi, ke­utamaan moral anak berkembang sesuai dengan tahap-tahap perkem­bangan psikologis anak. Anak bukan orang dewasa yang kecil. Dalam din setiap anak, menonjol salah satu keutamaan moral. Dengan mengembangkan salah satu keutamaan moral dalam diri anak maka sekaligus keutamaan lain akan tersangkut ikut juga.

Advertisement
Cinta Kasih Manusia Dan Cinta Kasih Erikamaharanimh

Cinta Kasih Manusia Dan Cinta Kasih Erikamaharanimh

Jadi, orangtua tidak perlu cemas untuk harus mengembangkan semua keutamaan moral itu secara serentak. Barangkali hal ini tidak mungkin. Tetapi cukuplah dengan melihat tingkah laku anak dalam kehidupan bersama, orangtua mulai memekarkan salah satu keutamaan moral anak. Keutamaan moral diberi perhatian dengan kasih sayang dan disiram setiap hari melalui iklim keluarga yang harmonis, tingkah laku orangtua, teguran dan nasehat.

Keywords Search:

pengertian cinta kasih
renungan cinta dan kasih sayang
cinta kasih kristen
makalah cinta kasih
makalah manusia dan cinta kasih
artikel cinta kasih
manusia dan cinta kasih
cinta kasih monata

Advertisement