Advertisement

Tekanan darah seseorang terus berubah setiap hari bahkan tiap jam. Banyak faktor yang memengaruhinya, antara lain tinggi-rendahnya aktivitas, konsumsi makanan berkadar garam dan lemak yang tinggi, kurang istirahat, atau stres. Selain itu, kita pun harus mencari waktu yang tepat saat ingin mengecek tekanan darah. Memeriksa tekanan darah dalam kondisi tegang cenderung akan menghasilkan pengukuran tekanan darah lebih tinggi. Rajin mengukur tekanan darah merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengontrolnya. Bila kita dapat mengukur tekanan darah sendiri, waktu dan tempat tidak lagi menjadi hambatan. Kita dapat melakukannya kapan pun, di mana pun. Kebiasaan ini akan mempermudah bukan hanya kita, tapi juga dokter yang memeriksa. Dokter dapat mengetahui dengan pasti apakah kita tergolong penderita tekanan darah tinggi atau tidak. Kita juga dapat mengetahui makanan dan kebiasaan apa yang dapat membuat tekanan darah naik atau turun. Selain itu, kita dapat menghentikan pemakaian obat atau suplemen yang tidak baik untuk kesehatan tekanan darah.

SEBELUM MENGUKUR TEKANAN DARAH:

Advertisement

1. Jangan makan dan olahraga, minimal 30 menit sebelum pengukuran. Jangan pula menggunakan obat yang dapat meningkatkan tekanan darah seperti obat asma.

2.Beristirahat minimal lima menit sebelum tekanan darah diukur. Duduk yang nyaman, dalam posisi relaks, dan kedua kaki menapak lantai.

3.Jangan mengukur tekanan darah saat merasa gugup atau marah.

4.Jika memungkinkan, gunakan yang sama tiap pengukuran.

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags: