Advertisement

Pijatan dengan teknik yang tepat dapat membantu mengusir pegal dan sakit pada bagian sendi, serta membantu melancarkan peredaran darah di tubuh Teknik-teknik pijatan tertentu juga membantu mengurangi sakit kepala hingga mengatasi cedera otot karena olahraga.

Pijatan kini dianggap sebagai salah satu satu teknik pengobatan alternatif termasuk stress yang dapat memberi berbagai efek positif bagi penerimanya. Mengapa pijatan menjadi amat dicari?

Advertisement

Tekanan pijat yang tepat memberi kesegaran dan melemaskan otot-otot tubuh yang kaku sehingga tubuh merasa relaks. Tubuh yang relaks inilah kunci untuk menghilangkan stres, ketegangan, maupun mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Itu sebabnya, banyak pakar kesehatan juga menganjurkan untuk melakukan pijat secara berkala demi mengembalikan kesegaran tubuh setelah beraktivitas berat.

Konon teknik pijat berasal dari Negeri Tirai Bambu sejak 3.000 tahun lalu. Menyebar hampir ke seluruh belahan Bumi, variasi teknik pijat kini amat beragam. Beberapa negara juga mengembangkan teknik pijat tradisional tersendiri, seperti pijat tradisional Indonesia. Ada pula yang mengombinasikannya dengan berbagai teknik terapi alami lainnya.

Pijat kini dianggap sebagai salah satu satu teknik pengobatan alternatif yang dapat memberi berbagai efek positif bagi penerimanya. Mengapa pijat menjadi amat dicari?

Berbagai penelitian mengenai pijat mengindikasikan bahwa pijat adalah cara efektif mengurangi stres, rasa sakit, dan otot yang tegang. Hasil temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika pada 2011 juga mengemukakan bahwa pijat mampu mengurangi sakit di bagian punggung dan menjadikannya berfungsi lebih baik.

Pijatan juga memberi manfaat positif bagi kecantikan sehingga bisa ditemui pada hampir seluruh jenis perawatan tubuh. Pijatan pada rambut, misalnya, merangsang kelancaran peredaran darah dan memberi stimuli rambut untuk tumbuh. Sementara pijatan di wajah bermanfaat mengurangi kerutan dan menjadikan wajah lebih bersinar serta segar karena aliran darah lancar.

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags: