Advertisement

Protein termasuk dalam 3 makro-nutrisi selain karbohidrat dan lemak. Namun, jika dibanding-kan dengan karbohidrat dan lemak, protein sering tak tercukupi asupannya dalam menu harian. Terutama saat berpuasa. Padahal, protein dapat menjaga agar kita kenyang lebih lama. Hanya 7,7 persen perempuan dewasa yang memenuhi kebutuhan proteinnya dengan optimal. Sedangkan mereka yang konsumsi proteinnya di takaran minimum ada sebanyak 8 persen. Kebutuhan protein pada perempuan dewasa idealnya adalah 46 gram per hari.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat tetap memenuhi kebutuhan protein harian saat berpuasa? Saat sahur sebaiknya kita menyertakan makanan tinggi protein. Kalori dari karbohidrat terbakar lebih cepat daripada yang berasal dari protein. Dengan makan makanan tinggi protein kita dapat menunda lapar. Padukan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat seperti nasi merah, oatmeal, dan sayur-sayuran. Porsi yang cukup akan membuat kita tetap berenergi selama lebih kurang 14 jam berpuasa.

Advertisement

Selain itu minumlah banyak air putih saat berbuka puasa. Dehidrasi yang dialami sering disalahartikan sebagai rasa lapar. Ketika kita mengalami dehidrasi saat berbuka puasa, minumlah dua gelas air putih sebelum makan menu berbuka. Menu berbuka sebaiknya memiliki komposisi gizi seimbang. Makanlah perlahan, secara sadar, dan jangan berlebihan. Satu hal yang harus diingat, berbukalah dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan akan zat gizi, bukan untuk memuaskan rasa lapar karena berpuasa.

Di waktu malam, jika merasa lapar, pilih camilan yang juga kaya protein. Makan seporsi kecil makanan kaya protein seperti ikan, telur, kacang-kacangan akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Kebutuhan tubuh akan protein pun dapat terpenuhi.

Advertisement
Filed under : Bikers Health, tags: