Advertisement

SATU hal yang perlu diwaspadai ketika hujan adalah jalanan yang licin. Hal ini dapat meningkatkan risiko keamanan berkendara apabila tidak disiasati dengan baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dicermati demi menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.

  1. Jaga kecepatan

Tak perlu mengebut atau melakukan aksi saling menyalip dengan kendaraan lain ketika hujan atau sesudah hujan. Pasalnya, jalanan licin akan lebih menyulitkan Anda untuk menguasai kendaraan. Ban juga lebih sulit mencengkeram jalan dengan baik sehingga kendaraan mudah tergelincir.

Advertisement
  1. Periksa ban

Kondisi ban harus selalu dicek teratur. Permukaan ban yang sudah aus juga dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan ban untuk mencengkeram jalan. Tekanan angin yang kurang pun bisa menjadi penyebab ban selip atau tergelincir sehingga memengaruhi tingkat keamanan berkendara.

  1. Periksa karet wiper

Terkesan sepele, tetapi kondisi karet wiper yang baik amat membantu penglihatan saat berkendara. Karet wiper yang sudah getas tidak mampu membersihkan jendela dari debu dan siraman air dengan baik sehingga pandangan pengemudi dapat terganggu. Hal ini akan mengurangi kemampuan pengemudi untuk melihat kondisi sekitar dan menurunkan tingkat kewaspadaan.

  1. Jaga jarak dengan kendaraan di depan Anda

Saat hujan dan jalanan licin, pengereman akan menjadi tiga kali lebih lama dibandingkan saat kondisi kering. Menjaga jarak penting untuk menghindari kemungkinan tubrukan dengan kendaraan lain dan demi keamanan jika melakukan rem mendadak. Tak ada salahnya menyalakan lampu kendaraan terlebih ketika hujan lebat sebagai penanda kendaraan dan membantu kendaraan lain untuk menjaga jarak dengan Anda.

Jika tubuh terasa lelah dan mengantuk, sebaiknya tak perlu mengambil risiko di tengah cuaca buruk. Segera tepikan kendaraan dan beristirahat sejenak.

Incoming search terms:

  • ujan naek mbl

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • ujan naek mbl