TUJUAN

Inggris: end. Dalam bahasa Sanskerta anta (akhir, tujuan).

Beberapa Pengertian

1. Objek (sasaran, maksud) yang mau dicapai oleh seorang pelaku.

2. Keadaan aktualisasi terakhir dari suatu bentuk, esensi, atau proses yang mencapai ketuntasannya dan tidak memerlukan perkembangan lebih lanjut.

3. Keadaan di mana proses dipenuhi secara relatif. Maksudnya keadaan itu menjadi titik mulai untuk berkembang ke tahap lain atau ke tahap akhir.

Tujuan dan Maksud

Dalam bahasa Inggris dibedakan antara end dan purpose. End dikaitkan dengan usaha mencapai, sedangkan purfmse berkaitan dengan cara atau alat mencapai sesuatu. Tetapi keduanya berhubungan  arah yang diinginkan dapat dicapai dengan bantuan cara atau alat-alat. Dua kata ini bagaimanapun sering saling dipertukarkan.

Tujuan Heteronomi Menurut Kant

Keadaan kehendak di mana kehendak dibimbing, diarahkan, digerakkan oleh tujuan-tujuan. Dalam konteks etis tujuan yang dicari dalam konteks ini ialah tujuan demi keuntungan diri sendiri atau keuntungan orang lain (seperti reputasi, kenikmatan) ketimbang demi perkembangan dan kemajuan kehendak moral itu sendiri pada seseorang, dan/atau menaati hukum-hukum moral bukan atas kehendak sendiri.

Manusia sebagai Tujuan

Prinsip itu merupakan norma moral yang menyatakan bahwa semua manusia harus diperlakukan sebagai tujuan pada dirinya sendiri, dan bukan sebagai alat bagi suatu tujuan. Semua pribadi secara moral merupakan pelaku yang dapat mengatur diri sendiri. Manusia mampu merealisir kehendak baik yang adalah satu- satunya hal yang baik pada dirinya sendiri tanpa syarat.