Advertisement

Dapat diartikan sebagai telah sempurna untuk menjalankan fungsi reproduksi. Pada manusia kedewasaan dicapai pada umur yang berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Masa dewasa dapat dibagi menjadi dua, yaitu masa puncak dari 20 sampai 45 tahun dan masa peralihan dari 45 sampai 60 tahun. Kemampuan reproduksi pada perempuan hanya terdapat pada masa puncak, sedangkan pada laki-laki pada seluruh masa dewasa.

Awal masa dewasa ditetapkan dengan berakhirnya pertumbuhan tinggi badan, serta alat-alat lain yang termasuk dalam pertumbuhan tipe umum. Sebagian alat-alat lain sudah dewasa lebih dahulu. Pada masa puncak, fungsi anatomis, fisiologis, dan psikologis sudah berkembang optimal.

Advertisement

Masa puncak dapat dibagi dalam dua bagian; pertama, masa puncak awal dari 20 sampai 35 tahun. Di samping puncak masa reproduksi, pada masa ini juga tercapai puncak prestasi fisiologis, misalnya dalam olahraga. Masa puncak kedua, dari 35 sampai 50 tahun, adalah masa puncak psikologis atau puncak prestasi otak (pikir), sementara prestasi fisiologis mulai berkurang.

Pada masa peralihan, dari 50 sampai 60 tahun, kemampuan semua organ (alat) berkurang terutama organ neuromuskular. Mulai muncul penyakit ketuaan (geriatri), perhatian terhadap agama bertambah besar, orang sering mengeluh, dan memperlihatkan rasa khawatir akan hari tuanya.

Advertisement