Advertisement

Universalia dari Segi Epistemologi

1. Konsep umum yang berlaku umum bagi sejumlah hal. Ciri (karakteristik, kualitas) yang dimiliki hal-hal khusus, atau di miliki secara umum, bersama dengan hal-hal khusus lainnya.

2. Apa yang dapat disebut menyangkut banyak hal individua dan yang kemudian memungkinkan kita mengklasifikasikanny; ke dalam suatu kelas/kelompok. Contoh: “Wanita” (atai kewanitaan) merupakan sesuatu yang dapat disebut menyangku Fatimah, Siti, Farida, Maria, Diana. “Merah” (atau “kemerahan” bersifat umum untuk sejumlah hal seperti apel merah, baji merah, bibir merah. Karena itu, kewanitaan atau kemerahat bisa dipandang sebagai universal.

3. Suatu kata abstrak atau umum (istilah, gagasan, kelas, konsep seperti keindahan, kebaikan, kebenaran, kemerahan, keadilan dan lain-lain, yang menunjukkan sesuatu yang umum yang di ulang dalam sejumlah hal atau nama-nama dan dengan demi kian dapat dikenal, diidentifikasikan, disebut, diklasifikasi menu rut macam, kias, jenis (genera/spesies), sifat-sifat, kesatuan, ke seluruhan.