Advertisement

MEMBACA DAN MENGAMATI PERUBAHAN CUACA
CUACA merupakan istilah yang mencakup aspek- aspek atmosfer seperti suhu, kelembapan, keadaan angin, keadaan hujan atau cerah, yang berdekatan dengan pengamat. Cuaca suatu kawasan yang diamati selama bertahun-tahun dinamakan iklim. Atmosfer yang diamati biasanya mulai dari permukaan bumi sampai ketinggian 20 kilometer.

Unsur Cuaca
Unsur cuaca antara lain suhu, kelembapan udara, curah hujan, tekanan, dan angin.
Suhu umumnya dinyatakan dalam °C. Suhu global, artinya dilihat di seluruh bumi, rata-rata adalah 15°C. Untuk menetapkan cuaca suhu diukur dengan termometer, yang ditaruh di tempat rindang tetapi terkena angin, 1,5 meter di atas tanah.
Kelembapan menyatakan kandungan air di dalam udara. Uap air ini tak tampak, berbeda dengan apa yang oleh awam disebut kabut, yang umumnya terdiri atas butir-butir halus air yang melayang-layang di udara. Kandungan maksimum uap air meningkat kira-kira menjadi dua kali tiap suhu naik sebanyak 10°Cr Kelembapan dinyatakan sebagai kelembapan relatif , yakni kandungan air itu dibagi dengan kandungan maksimum air di udara pada suhu itu. Kelembapan juga dicerminkan oleh suhu titik embun,, yakni suhu mulai tampaknya embun pada suatu permukaan, bila udara dan permukaan itu didinginkan pada tekanan tetap. Bila dinyatakan dalam rumus; Kelembapan relatif = Pmaks/P’maks, dengan Pmaks adalah tekanan (maksimum) uap air pada suhu titik embun dan P’maks tekanan (maksimum) uap air pada suhu semula.

Advertisement

Adanya kabut maupun awan menandai lembapnya udara di daerah itu. Menurut ilmu cuaca kabut adalah awan yang menyentuh permukaan tanah atau perairan. Selanjutnya awan dapat dikelompokkan sebagai awan rendah (sampai ketinggian 1 kilometer), awan menengah (1-3 kilometer), dan awan tinggi (3— 10 kilometer). Dalam ilmu cuaca, kita mengena
beberapa istilah yang dikenal sejak sekolah dasar: stratus ialah awan datar (sirostratus tinggi, altostratus sedang, dan nimbostratus rendah), kumulus adalah awan bergumpal tebal, kumulonimbus adalah awan yang mengandung ancaman badai guntur. Bila langit lokal hanya 30 persen atau kurang dari 30 persen tertutup oleh awan, dikatakan bahwa untuk daerah itu hari cerah. Lihat juga AWAN.

Curah Hujan dinyatakan dalam tinggi air yang terkumpul pada alat pengukur dalam suatu kurun waktu tertentu, misalnya hari, bulan, atau (umumnya). Selanjutnya turunnya air hujan ini juga dinyatakan dalam curah tahunan rata-rata.
Tekanan udara yang diderita suatu dinding wadah yang vakum seluas 1 sentimeter persegi pada hakikatnya adalah bobot sekolom udara yang penampangnya 1 sentimeter persegi dan tingginya mencapai angkasa luar. Bobot kolom tersebut andaikata dapat diukur sekitar 1 kilogram.

Tekanan udara dapat dinyatakan dalam atmosfer, milibar (mb, lazim bagi ilmu cuaca), atau kilopascal (kPa, satuan Sistem Internasional): 1 atm = 1013,2 mb = 101,3 kPa. Sebagai perbandingan, Satu atmosfer setara dengan tekanan hidraulik kolom raksa (mer¬kurium) setinggi 76 sentimeter.

Makin tinggi suatu tempat akan makin rendah tekanan udaranya. Tekanan udara pada tempat-tempat yang sama ketinggiannya belum tentu sama. Demikian pula tekanan udara pada suatu tempat tidaklah selalu sama sepanjang waktu, melainkan berubah- ubah dari waktu ke waktu.

Apabila kita melihat peta cuaca, di situ akan tampak garis-garis yang disebut isobar, yakni garis yang menghubungkan titik-titik pada permukaan bumi yang sama tekanan udaranya.
Angin dinyatakan oleh arah dari mana angin itu bertiup. Misalnya angin utara adalah angin yang bertiup dari utara, dan angin selatan adalah angin yang bertiup dari selatan. Pada permukaan bumi kekuatan tiupan angin dinyatakan dalam knot (kt, 0,52 meter per detik). Di bagian lain dari atmosfer, angin dinyatakan dalam meter per detik.

Incoming search terms:

  • bagaimana membaca arti kelembaban cuaca

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • bagaimana membaca arti kelembaban cuaca