AKIBAT DARI KERUSAKAN LINGKUNGAN

By On Monday, July 20th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Akibat dari kerusakan-kerusakan lingkungan yang telah diuraikan, apakah yang terdapat negara-negara maju maupun oleh negara-negara berkembang telah menimbulkan masalah lingkungan global. Masalah lingkungan ada yang bersifat lokal, regional dan global. Luas penyebaran tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat besarnya masalah. Seperti pencemaran udara yang tidak terlalu tinggi sifatnya lokal. Akan tetapi -apabila-jumlah zat pencemarnya tinggi penyebaran oleh angin ke daerah-daerah lain tidak cukup untuk mengencerkannya sehingga pencemaranitu bersifat regional. Sebagai contoh yaitu pencemaran oleh SOx dan NOx di Eropa dan Amerika Utara menyebabkan terjadinya hujan asam di daerah yang luas yang terletak jauh dari sumber pencemaran.

Pencemaran udara yang makin meningkat dan malahan kini telah bersifat global, telah menyebabkan terjadinya penipisan ozon dan membahayakan, terjadinya kenaikan intensitas efek rumah kaca, sehingga dikhawatirkan akan terjadi pemanasan global. Dari sekian banyak masalah lingkungan ada beberapa isue penting sebagai berikut :

  1. Perubahan iklim global (global climate change). Perubahan cepat pada atmosfir global yang disebabkan pembakaran BBF dan aktivitas-aktivitas industri diramalkan mengubah iklim global.
  2. Penipisan ozon di lapisan Stratosfir (strato-spheric ozone depletion). Pengurangan sejumlah besar ozon di atas Antartika dan pengurangan kenaikannya di bagian lain bola bumi, keduanya disebabkan emisi- emisi CFC.
  3. Perusakan hutan dan proses terjadinya gurun pasir (deforestation and desertifica-tion) serta kehilangan keanekaragaman biologi (loss of bilogical diversity). Skala luas perusakan hutan untuk keperluan kayu clondongan, bahan bakar, pertanian, dan perkembangan ekonomi, dengan konsekuensi tambahan bagi “efek rumah kaca” dan menipisnya spesis hewan dan tetumbuhan.
  4. Kerusakan laut, danau dan sumber air (oceans and water resources). Kerusakan danau-danau di New England, Kanada dan Skandinavia sehubungan dengan endapan asam dari pembakaran bahan bakar fosil.
AKIBAT DARI KERUSAKAN LINGKUNGAN | ADP | 4.5