AKIBAT DENGAN BERKEMBANGNYA BIOTEKNOLOGI

By On Sunday, July 5th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Dengan berkembangnya bioteknologi dan rekayasa genetika haruslah dipikirkan implikasi-implikasi sosial dan moral yang diakibatkannya. Mengubah dan merekayasa gen/DNA yang merupakan faktor keturunan mahluk hidup, meskipun dengan tujuan memperbaiki (terkontrol) tetap saja mencampuri bagian kehidupan yang sangat mendasar, karena bagaipun gen merupakan struktur dasar kehidupan sehingga pengubahan gen tidak selalu dapat diduga dengan tepat akibatakibatnya (Martono, 1990). Timbul pula kekhawatiran akan akibat jangka panjang yang belum diketahui dari sel yang telah direkayasa, kekhawatiran bahwa organisme yang telah direkayasa akan merusak atau mernbahayakan lingkungan (Galton, 1985).

Bioteknologi yang merupakan perpaduan anatara ilmu pengetahuan dan teknologi yang memanfaatkan proses-proses biologi dalam sel untuk menghasilkan bahan dengan teknik yang lebih mudal. yang berguna untuk kesejahteraan manusia dan memberikan sumbangan nyata terhadap kemajuan sosial ekonomiL karena dengan bioteknologi dapat dihasiikan bahan/produk yang sangat banyak dan lebih murah hasilnya akibat sfisiensi dan efektifitasnya yang lebih tinggi sehingga dapat menekan biaya produksi yang besar.

Biotektonologi juga sudah dimanfaatkan untuk mengobati penyakit-penyakit keturunan yang dulu atau bahkan tidak dapat diobati atau disembuhkan dan dapat mempercepat pendeteksian suatu penyakit keturunan seperti anemia sel sabit dsb.

Bioteknologi dan rekayasa genetika ternyata telah dan akan dapat memenuhi semua kebutuhan dasar manusia seperti bidang kedokteran dan kesehatan, pertanian dan perternakan enersi dan pertambangan, industri pangan, pengolahan limbah dan industri.

Perlu diingat dampak ethis dan moral yang ditimbulkannya akibat kemungkinan timbulnya perubahan-perubahan dari erganisme yang direkayasa pada masa mendatang. Pada akhirnya bioteknologi dan rekayasa genetika rnsmang primadona biologi masa kinl karena dengan pengubahan-pengubahan proses biologi dalam sel bisa dipenuhi hampir semua bidang kebutuhan hidup manusia dan mungkin akan terdapatnya toko-toko penjual gen yang menyediakan gen-gen tertentu yang dapat dimanfaatkan atau dipergunakan atau dipindahkan pada suatu organisme tertentu dengan maksud tertentu.

 

AKIBAT DENGAN BERKEMBANGNYA BIOTEKNOLOGI | ADP | 4.5