APA ARTI PARESIS UMUM DAN SIFILIS?

By On Tuesday, July 23rd, 2019 Categories : Bikers Pintar

APA ARTI PARESIS UMUM DAN SIFILIS? – Walaupun penelitian sistem saraf cukup dipahami pada pertengahan tahun 1800-an, tidak cukup banyak yang diketahui untuk mengungkap semua kemungkinan abnormalitas struktur yang mungkin mendasari berbagai gangguan mental. Walaupun demikian, perubahan degeneratif pada sel-sel otak yang dikaitkan dengan psikosis di masa tua dan sebelum masa tua serta beberapa patologi struktural yang menyertai retardasi mental telah diidentifikasi. Mungkin keberhasilan medis yang paling mengejutkan adalah penemuan ciri-ciri dan penyebab sifilis secara lengkap, suatu penyakit kelamin yang telah dikenal selama berabad-abad.

Penemuan ini menjadi suatu gambaran baik tentang bagaimana suatu pendekatan empiris, yang merupakan basis ilmu pengetahuan kontemporer, memberikan keberhasilan. Sejak tahun 1798 telah diketahui bahwa sejumlah pasien jiwa menunjukkan sindrom yang ditandai dengan penurunan kemampuan fisik dan mental secara terus menerus dan para pasien tersebut menderita banyak kerusakan, termasuk delusi grandeur dan kelumpuhan progresif. Segera setelah simtom-simtom tersebut muncul, para pasien tersebut tidak pernah sembuh. Pada tahun 1825 penurunan kesehatan mental dan fisik tersebut ditetapkan sebagai penyakit, paresis umum. Walaupun telah diketahui sejak tahun 1857 bahwa beberapa pasien yang menderita paresis sebelumnya menderita sifilis, namun banyak teori lainnya mengenai penyebab paresis. Sebagai contoh, dengan mempertimbangkan tingkat terjadinya gangguan yang tinggi pada para pelaut, beberapa orang menduga bahwa air laut mungkin merupakan penyebab. Dan Griesinger, berupaya menjelaskan tingkat kejadian yang lebih tinggi pada pria, berspekulasi bahwa minuman keras, tembakau, dan kopi mungkin berdampak pada penyakit tersebut.
Pada tahun 1860 dan 1870, Louis Pasteur, memunculkan teori kuman dari penyakit (germ theory of disease), yang menggerakkan pandangan bahwa penyakit disebabkan tubuh terinfeksi organisme yang sangat kecil. Teori ini mendasari upaya menunjukkan hubungan antara sifilis dan paresis umum. Pada tahun 1897, setelah Richard von Krafft-Ebing mengimunisasi pasien paresis dengan sesuatu yang diambil dari luka karena sifilis, para pasien tersebut tidak terjangkit sifilis, mengindikasikan bahwa mereka telah terinfeksi sebelumnya. Akhirnya, pada tahun 1905, mikroorganisme spesifik yang menjadi penyebab sifilis berhasil ditemukan. Hubungan sebab akibat antara infeksi, kerusakan beberapa bagian otak, dan bentuk psikopatologi telah ditemukan. Jika satu jenis psikopatologi memiliki penyebab biologis, yang lain pun bisa saja demikian. Somatogenesis memperoleh kredibilitas dan pencarian terhadap lebih banyak sebab biologis pun dimulai.

APA ARTI PARESIS UMUM DAN SIFILIS? | ADP | 4.5