APA ARTI TERAPI TERPUSAT PADA KLIEN (CLIENT-CENTERED THERAPY)?

149 views

APA ARTI TERAPI TERPUSAT PADA KLIEN (CLIENT-CENTERED THERAPY)?  – Carl Rogers adalah psikolog Amerika yang teorinya tentang psikoterapi berkembang perlahan melalui pengalaman klinis intensif selama bertahun-tahun. Setelah mengajar di tingkat universitas pada tahun 1940-an dan 1950-an, dia membantu mengorganisasi Pusat Studi Manusia di La Jolla, California. Terapi client-centered Carl Rogers dilandasi beberapa asumsi tentang ciri khas manusia dan berbagai cara untuk memahaminya (Ford & Urban, 1963; Rogers, 1951, 1961).

• Manusia hanya dapat dipahami melalui titik yang menguntungkan dari persepsi dan perasaannya sendiri, yaitu dari dunia fenomenologisnya. Untuk memahami individu, kita harus melihat cara mereka mengalami berbagai peristiwa, bukan pada peristiwa itu sendiri, karena dunia fenomenologis setiap orang adalah penentu utama perilaku dan membuat orang tersebut unik.

• Manusia yang sehat sadar akan perilakunya. Dalam hal ini sistem Roger sama dengan psikoanalisis dan analisis ego, karena menitikberatkan pada keinginan untuk menyadari berbagai motif.

• Manusia yang sehat secara alami baik dan efektif; mereka menjadi tidak efektif dan terganggu hanya bila terjadi pembelajaran yang salah.

• Manusia yang sehat memiliki tujuan dan diarahkan oleh tujuan tersebut. Mereka tidak merespons secara pasif terhadap pengaruh lingkungan atau terhadap dorongan dari dalam diri. Mereka mengarahkan diri sendiri. Asumsi Rogers ini lebih dekat dengan analisis ego daripada dengan psikoanalisis Freudian ortodoks.

• Para terapis semestinya tidak mencoba memanipulasi peristiwa bagi individu; namun sebaliknya mereka harus menciptakan kondisi yang akan memudahkan pengambilan keputusan secara independen oleh klien. Bila manusia tidak disibukkan dengan penilaian, tuntutan, dan preferensi orang lain, hidup mereka dipandu oleh suatu kecenderungan alami terhadap aktualisasi diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *