Apa Itu Instagram Business Account Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

By On Saturday, May 13th, 2023 Categories : Bikers Instagram

Pengenalan Instagram Business Account

Instagram Business Account adalah jenis akun khusus yang disediakan oleh Instagram untuk pengguna yang ingin menggunakan platform ini sebagai alat pemasaran dan promosi bisnis mereka. Dengan memiliki Instagram Business Account, pengguna dapat mengakses fitur-fitur khusus yang dirancang untuk membantu bisnis menjangkau target audiens mereka, meningkatkan visibilitas, dan mengukur kinerja kampanye pemasaran. (Apa Itu Instagram Business Account Dan Bagaimana Cara Membuatnya?)

Keuntungan Membuat Instagram Business Account (Apa Itu Instagram Business Account Dan Bagaimana Cara Membuatnya?)

  1. Analitik yang Mendalam: Dengan Instagram Business Account, Anda dapat mengakses informasi analitik yang detail tentang pengikut, interaksi, dan kinerja postingan Anda. Anda dapat melihat metrik seperti jangkauan, tayangan, dan interaksi untuk menganalisis performa konten Anda dan mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat.
  2. Fitur Promosi: Instagram Business Account memungkinkan Anda untuk mempromosikan postingan Anda secara langsung melalui fitur Promosi. Anda dapat membuat kampanye iklan yang ditargetkan untuk mencapai audiens yang relevan dengan bisnis Anda. Fitur ini membantu meningkatkan jangkauan dan kesadaran merek.
  3. Informasi Kontak dan Alamat: Dengan mengaktifkan Instagram Business Account, Anda dapat menyertakan informasi kontak bisnis seperti alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dilihat langsung di profil Anda. Ini memudahkan pengguna untuk menghubungi Anda atau menemukan lokasi bisnis Anda.
  4. Fitur Swipe Up di Instagram Stories: Jika Anda memiliki setidaknya 10.000 pengikut atau memiliki akun verifikasi, Anda dapat menggunakan fitur “Swipe Up” di Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menautkan postingan Anda langsung ke situs web atau tautan eksternal lainnya, membantu mengarahkan lalu lintas pengguna ke halaman tujuan.

Langkah-langkah Membuat Instagram Business Account

  1. Buka Aplikasi Instagram: Buka aplikasi Instagram di perangkat seluler Anda.
  2. Masuk atau Buat Akun: Jika Anda sudah memiliki akun Instagram, masuklah menggunakan akun yang ada. Jika belum, buat akun baru dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.
  3. Buka Pengaturan: Setelah masuk, buka profil Anda dengan mengetuk ikon profil di sudut kanan bawah layar. Kemudian ketuk ikon “Tiga Garis” di sudut kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.
  4. Pilih “Akun Bisnis“: Di menu pengaturan, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Akun Bisnis”. Ketuk opsi ini untuk memulai proses pembuatan akun bisnis.
  5. Sambungkan dengan Halaman Facebook: Instagram akan meminta Anda untuk menghubungkan akun bisnis Instagram dengan halaman Facebook yang terkait dengan bisnis Anda. Ikuti instruksi untuk menyambungkan akun.
  6. Atur Profil Bisnis: Setelah menghubungkan dengan halaman Facebook, Anda akan diminta untuk mengisi informasi bisnis pada profil Instagram Anda. Pastikan untuk menyertakan nama bisnis, deskripsi singkat yang menarik, kontak bisnis, dan alamat jika relevan. Ini akan membantu pengguna mendapatkan pemahaman yang jelas tentang bisnis Anda.
  7. Jelajahi Fitur Tambahan: Setelah membuat Instagram Business Account, Anda akan memiliki akses ke fitur-fitur tambahan yang berguna untuk bisnis Anda. Beberapa fitur tersebut termasuk:
    • Instagram Insights: Ini adalah alat analitik yang memungkinkan Anda melihat statistik dan performa postingan Anda. Anda dapat melihat jumlah impresi, interaksi, dan demografi pengikut Anda.
    • Promosi: Gunakan fitur promosi untuk memperluas jangkauan postingan Anda dan menargetkan audiens yang relevan.
    • Instagram Shopping: Jika Anda menjual produk, Anda dapat menghubungkan katalog produk Anda dengan Instagram dan menandai produk dalam postingan Anda, sehingga pengguna dapat langsung membeli melalui Instagram.
    • Kontak Langsung: Instagram Business Account memungkinkan pengguna untuk menghubungi Anda secara langsung melalui tombol “Hubungi” yang terletak di profil Anda.
  8. Lakukan Riset Pasar dan Strategi Konten: Setelah membuat Instagram Business Account, penting untuk melakukan riset pasar dan mengembangkan strategi konten yang sesuai dengan audiens target Anda. Identifikasi minat dan preferensi mereka, serta pelajari tren dan praktik terbaik dalam industri Anda. Hal ini akan membantu Anda membuat konten yang menarik dan relevan yang akan memikat pengikut Anda.
  9. Lakukan Promosi dan Interaksi: Gunakan fitur-fitur promosi yang disediakan oleh Instagram Business Account untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Sosialisasikan akun Anda melalui saluran-saluran lain seperti situs web, email, atau media sosial lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengikut Anda, merespons komentar, dan mengikuti perkembangan tren dalam komunitas Instagram.

Kesimpulan (Apa Itu Instagram Business Account Dan Bagaimana Cara Membuatnya?)

Dengan memiliki Instagram Business Account, Anda dapat memaksimalkan potensi Instagram sebagai platform pemasaran dan promosi bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengembangkan strategi yang efektif, Anda dapat membangun kehadiran yang kuat di Instagram dan menjangkau audiens yang lebih luas. Ingatlah untuk terus memantau dan menganalisis performa Anda, serta mengadaptasi strategi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Apa Itu Instagram Business Account Dan Bagaimana Cara Membuatnya? | ADP | 4.5