Apakah kelompok sosial itu?

17 views

Belum ada keseragaman pandangan mengenai pengertian atau batasan makna tentang kelompok sosial, dan dengan tidak adanya keseragaman ini menandakan bahwa kelompok sosial itu mempunyai banyak aspek. Akan tetapi, ada suatu cara yang kiranya cukup baik untuk mendapatkan pengertian tentang kelompok sosial yaitu dengan mengajukan pertanyaan “yang manakah dari berikut ini yang merupakan kelompok sosial menurut standar sosiologi; partai republik, kelas menengah, keluarga Eisenhower, orang- orang Amerika, anggota-anggota persekutuan, golongan penghasilan rendah, tamatan sekolah menengah, golongan orang tua? 5 Untuk menyatakan bahwa kesatuan manusia tersebut di atas itu berbeda dalam banyak hal, tidak perlu kita mengundang pendapat para ahli sosiologi, tetapi untuk mengetahuinya, perlu kiranya kita mencari kriteria “kelompok sosial” menurut standar sosiologi. Dengan demikian, kehadiran suatu kriteria untuk membedakan suatu kelompok sosial dengan kumpulan sangat diperlukan. Soerjono Soekanto telah mengajukan suatu kriteria yang dapat kita gunakan. Ia mengemukakan bahwa suatu kumpulan manusia itu dapat disebut sebagai kelompok sosial, apabila memenuhi persyaratan tertentu, antara lain:

  1. Setiap anggota kelompok tersebut harus sadar bahwa ia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan.
  2. Ada hubungan timbal-balik antara anggota yang satu dengan anggota lainnya, dalam kelompok itu.
  3. Ada suatu faktor yang dimiliki bersama oleh anggota-anggota kelompok itu, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat. Faktor tadi dapat merupakan nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama, dan lain-lain. Tentunya faktor mempunyai musuh bersama misalnya, dapat pula menjadi faktor pengi-kat/pemersatu.
  4. Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola perilaku.

Dengan telah hadirnya suatu kriteria, maka kita dapat menggunakannya untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan tadi. Kita akan dapat berkata bahwa beberapa dari kumpulan di atas tadi tidak dapat digolongkan sebagai kelompok sosial, sedangkan beberapa di antaranya dapat memenuhi kriteria di atas. Manakah dari kumpulan itu yang dapat digolongkan sebagai kelompok sosial. Dengan menggunakan kriteria itu, kita dapat menunjuk bahwa “keluarga Eisenhower, partai republik, juga anggota-anggota persekutuan” sebagai kelompok sosial menurut standard sosiologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *