ARAH PENGEMBANGAN GULA NASIONAL

By On Tuesday, September 29th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Pelaku ekonomi yang sangat berperan dalam perindustrian gula saat ini yaitu peiani tebu, perusahaan gula dan pemegang distribusi/penjualan gula ke konsumen. Masing-masing pelaku ekonomi ini mempunyai kepentingan yang berbeda, tingkat kemampuan manajemen dan permodalan yang berbeda. Rendahnya produktivitas dan rendemen tebu seperti disebutkan sebelumnya adalah merupakan akibat perbedaan kepentingan antara pelaku ekonomi industri gula. Oleh sebab itu, untuk mengembangkan gula nasional perlu ditempuh berbagai kebijaksanaan yang tidak merugikan masing-masing pelaku ekonomi tersebut. Kebijaksanaan dimaksud mencakup :
Kebijaksanaan Terhadap Pelaku Ekonomi Gula Nasional
Petani tebu di satu sisi mempunyai pola pikir yang sangat sederhana. Bagi mereka yang paling penting adalah kepastian penerimaan pendapatannya untuk menghidupi keluarganya. UndangUndang Sistem budidaya tanaman No. 12 tahun 1992 memberikan kebebasan kepada petani untuk mengusahakan usahanya dengan menanam komoditi yang paling memberikan manfaat maksimal bagi dirinya. Apabila mereka diminta menanam tebu untuk pabrik gula, maka harus dijamin pendapatan mereka untuk menghilangkan kesan selama ini bahwa menanam tebu adalah merupakan paksaan kepada petani.
Di samping itu pabrik gula perlu mempercepat alih teknologi budidaya kepada petani tebu, agar produktivitas tebu yang terus menurun dapat diatasi. Dalam proses alih teknologi ini petani perlu dibimbing mulai dari pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan dan tebang/panen. Langkah ini harus dilanjutkan sampai mereka benar-benar menguasai teknoiogi budidaya tersebut secara mandiri.
Di samping itu hubungan kerja antara pabrik gula dengan petani selama ini yaitu berupa hubungan majikan dengan pekerja harus diubah menjadi hubungan antara mitra kerja. Bulog yang berperan sebagai pembeli dan penyalur (distribusi) tunggal dari gula yang diproduksi pabrik-pabrik gula perlu memperkecilselisih harga dengan cara menaikkan provenu gula agar dapat mengurangi ketidakpuasan petani tebu.

 

ARAH PENGEMBANGAN GULA NASIONAL | ADP | 4.5