ARTI ADAPTABILITY BIROKRASI

By On Wednesday, October 21st, 2015 Categories : Bikers Pintar

Melihat kondisi masyarakat yang selalu berubah, maka diperlukan suatu birokrasi yang dapat menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi tersebut. Dalam arti diperlukan suatu birokrasi yang kenyal terhadap guncangan dan ketidakpastian yang melanda lingkungan dan tanggap terhadap perubahanperubahan yang terjadi. Adaptibility suatu birokrasi yang dikehendaki adalah birokrasi yang terbuka terhadap gagasan inovatif, peka terhadap perubahanperubahan dan gagasan peningkatan produktivitas dan pelayanan.
Menurut Priyo Budi Santoso (1991) bahwa dalam birokrasi model organis-adaptiU ini, pola hubungan antar jenjang hirarkhi relatif lebih longgar, tidak terkungkung pada prosedur-prosedur administratif yang formalistis dan unsur-unsur dalam sistem mempunyai peluang untuk berhubungan dengan pihak luar. Tujuan dari nilai-nilai akan diserasikan sedemikian rupa, sehingga birokrasi menjadi sebuah institusi yang terus-menerus mencari hal-hal baru, menyesuaikan diri dengan perkembangan dan belajar (learning-process) dari pengalaman masa lalu.
Karakteristik baru yang hendak ditimbulkan ditujukan ke arah kemampuan memecahkan masalah secara efektif, daya inovasi dan pertumbuhan. Nilai-nilai yang hendak ditanamkan termasuk efekti vitas, efisiensi, s if at-s if at adaptif dan responsif, serta keberanian mengambi! resiko. Rumusan tujuan-tujuannya bersifat majemuk dan diarahkan untuk mengatasi sejumlah kendala. Partisipasi dalam proses perumusan tujuan melebur dan keterlibatan dari bawah ke atas (bottom up) maupun sebaliknya (top down).

ARTI ADAPTABILITY BIROKRASI | ADP | 4.5