ARTI DILEMA TAHANAN

By On Friday, August 23rd, 2013 Categories : Bikers Pintar

prisoner’s dilemma (dilema tahanan)

Dilema Tahanan (DT) adalah contoh penelitian mengenai pembuatan keputusan dalam teori permainan. Teori permainan ditemukan oleh von Neumann dan Morgenstem (1944) yang digunakan untuk menguji strategi interaksi manusia. Nama ‘tahanan’ dan ‘dilema’ diperoleh dari suatu cerita yang dikarang oleh Albert Tucker. Polisi yakin bahwa dua orang tersangka bersama-sama melakukan suatu kejahatan besar, tetapi polisi tidak mempunyai bukti yang cukup untuk menangkap kedua orang tersangka tersebut. Kedua tersangka dipisah dan ditawari suatu perjanjian. Jika salah satu mengaku polisi akan menghukum yang satunya lagi, dan polisi akan membela pengaku agar diampuni. Jika keduanya mengaku, keduanya akan menerima pengurangan hukuman. Jika tidak ada yang mengaku, maka polisi akan menangkap mereka berdua dengan tuduhan-tuduhan palsu kejahatan kecil. DT digambarkan dengan matriks berikut ini:

L

C ‘D

C R, R     S, T

I,

D T, S     P, P

Kedua pemain, L dan I , mempunyai dua pilihan. Mereka memilih antara C (saling bekerja sama) sama atau D (tidak bekerja sama). Ada empat kemungkinan yang akan muncul, yang diwakili oleh huruf T, R, I dan S, yang merupakan hasil setiap pemain. Setiap pemain mengurutkan hasil-hasil tersebut (T > R > P > S) (di mana > berarti lebih disukai). Pilihan D mendominasi ketimbang pilihan C karena tidak masalah apakah pemain lain yang masing-masing lebih memilih D daripada memilih C (T > R dan P > S). Namun ketika keduanya memilih D masing-masing menerima pilihan ketiga yang paling disukai, hasil P, sedang jika keduanya memilih C, mereka menerima pilihan kedua yang paling disukai, hasil R. Saling bekerja sama lebih disukai daripada tidak saling kerja sama, tetapi saling bekerja sama secara individual tidak dapat dicapai (karena memerlukan kerja sama dengan yang lainnya).

Permainan tersebut dapat mewakili situasi-situasi sosial dan politik seperti keputusan untuk bergabung dalam suatu persatuan perdagangan.

Apakah mau membuang sampah atau tidak, atau keputusan negara untuk bekerja sama dalam perdagangan bebas. Dalam berbagai aplikasi DT ada lebih dari dua pemain yang semakin menambah rumit analisanya. Lagipula dalam hampir semua situasi sosial para pemain tidak menghadapi keputusan sendirian tetapi terus-menems berinteraksi satu sama lain. Ada kemungkinan permainan semacam ini akan menghasilkan solusi kerja sama, tergantung derajat interaksi, nilai dari manfaat, dan berapa banyak manfaat di masa depan akan berkurang dibandingkan dengan yang sekarang.

Axelrod (1984) mengadakan turnamen komputer yang serius di mana para ahli teori permainan beradu strategi dalam permainan dilema tahanan. Sebuah strategi yang dinamakan TIT FOR TAT yakni tindakan pada putaran pertama adalah kerja sama dan kemudian melakukan apa saja yang dilakukan musuhnya pada putaran sebelum memenangkan permainan. TIT FOR TAT tidak membiarkan strategi non-kooperasi berkembang tetapi dipersiapkan untuk bekerja sama dengan pihak lain yang mau bekerja sama. Berdasarkan hasil-hasil ini kini telah banyak yang dilakukan untuk menjelaskan perkembangan kerja sama manusia dan binatang.

Incoming search terms:

  • prisoners dilemma adalah
ARTI DILEMA TAHANAN | ADP | 4.5