ARTI MASYARAKAT PRIMITIF

By On Friday, August 23rd, 2013 Categories : Bikers Pintar

primitive society (masyarakat primitif)

Merefleksikan pentingnya eksistensi sosial, para filsuf masa Pencerahan Eropa menemukan itu bermanfaat untuk membayangkan bagaimana rupa kehidupan manusia tanpa pemerintah atau masyarakat. Mereka pikir, sebelum orang berkumpul untuk membentuk satu masyarakat sipil, mereka harus menetap dalam apa yang mereka sebut negara alam (state of nature). Individu-individu dalam negara alam itu merupakan individu yang bebas, merdeka dan sederajat, tapi mereka juga tidak aman. Karena alasan itu mereka ingin menukar kemerdekaan primitif mereka dengan keamanan dan peradaban. Meskipun pilihan ini tidak bebas dari risiko. Sekali kebebasan ini dikompromikan, mungkin akan secara total dimatikan oleh pemerintah yang kuat.

Revolusi Darwin, yang membuat anggapan ini, benar-benar tak bisa diterima. Masyarakat manusia awal bukanlah produk alasan, tapi pasti telah ada modifikasi bentuk sosialnya dari bangsa primata lainnya. Tapi sayangnya tak ada fosil yang melestarikan masyarakat kuno ini. Arkeologi bisa sedikit mengungkapkan struktur semua masyarakat manusia yang ada pada lebih dari 7 ribu tahun yang lalu. Meski demikian, para ahli antropologi ditantang untuk merekonstruksi bentuk apa yang mereka sebut (dalam analogi evolusi) “masyarakat primitif.”

Proyek antropologis yang sudah lama berjalan telah berusaha menemukan pengganti kontemporer bagi masyarakat yang sudah lenyap di masa lalu itu. Mungkin masyarakat kontemporer (seperti Aborigin Australia, dan yang terakhir masyarakat Indian Kung Bushman atau Yanomani) berpihak kepada masyarakat prasejarah itu. Masyarakat semacam itu bisa disebut ‘primitif, bila mereka benar-benar cocok dengan bentuk primitif itu, yang secara universal menghasilkan masyarakat yang lebih maju.

Ada empat alasan empiris yang menerjang mereka yang menerima pendekatan ini. Yang pertama sudah dikemukakan semenjak kita tidak tahu seperti apa masyarakat Upper Paleolithic (sebagai contoh), kita tak dapat mengatakan masyarakat modern mana yang menyerupai mereka.

Masalah kedua dengan proyek ini adalah teknologi, atau cara menghidupi diri, adalah prediktor lembaga sosial, politik dan ekonomi yang tak bisa dipercaya. Cukup sulit untuk membuat generalisasi tentang kerumunan (kumpulan) pemburu, atau petani kecil, atau para penggembala. Kebanyakan masyarakat yang mencari nafkah dengan berpindah ke sana ke mari, tinggal dalam komunitas-komunitas lokal berskala kecil dan menyebarkan teknologi sederhana, meski masyarakat suku Inuit, sebagai contoh, sudah berabad-abad menggunakan teknologi modern dan mendirikan kompleks komunitas lokal yang luas sementara terus bergantung pada cara mencari makan dengan berpindah ke sana ke mari, atau mengembara. Sementara itu, para kumpulan pemburu yang teknologinya masih tradisional, ternyata memiliki ideologi dan organisasi yang hebat, termasuk pula dalam hubungan dengan para tetangganya.

Keberatan ketiga adalah bahwa variasi utama yang telah bertahan lama dalam tradisi budaya kelihatannya bersifat regional. Masyarakat pemburu Kalahari, atau San, misalnya, lebih banyak persamaannya dengan suku pemburu Khoi di bagian selatan Afrika daripada dengan suku Hadza di Tanzania atau Pygmies dari Ituri, yang juga hidup dengan cara berpindah-pindah. Jika tradisi budaya regional secara historis membentuk cara hidup rakyatnya dengan teknologi yang sangat berbeda, maka kita akan lebih memberi perhatian pada sejarah budaya regional daripada tipologi lintas budaya.

Keberatan keempat adalah bahwa tak ada masyarakat pengembara dan penggembala modern yang terisolir, dan oleh karena itu kondisi di bawah cara hidup seperti itu sekarang bentuknya sangat berbeda dibanding masa silam. Suku pemburu Upper Paleolithic hidup dalam dunia pemburu. Komunitas modern pengembara tidak. Ketika mereka pertama dipelajari oleh ahli etnografi, semua yang disebut rakyat primitif merupakan sasaran negara kolonial. Semuanya sekarang tinggal sebagai penduduk negara-negara modern. Mereka juga semua, tanpa terkecuali, telah generasi demi generasi berhubungan secara sosial dan ekonomi dengan tetangga yang cara hidupnya sangat berbeda.

Sebagai konsekuensinya, suku-suku Kalahari Bushmen, Pygmies Kongo, Inuit, dan lainnya, semuanya teradaptasi secara sosial dan budaya terhadap tekanan ekonomi, budaya dan politik yang didesakkan kepada mereka oleh tetangga-tetangganya. Menurut satu pemikiran kontemporer, organisasi dan ideologi kaum pengembara harus dipahami secara luas sebagai produk hubungan mereka dengan masyarakat yang lebih luas di mana mereka berada. Beberapa suku pemburu terpaksa berubah mencari mata pencaharian dengan menjadi pengembara setelah hidup cukup lama dengan bertani dan menggembala ternak.

Keberatan teoretis pada pikiran masyarakat primitif ini adalah pada ide evolusi yang menjadi anggapannya. Ini bukan evolusi Darwin, meski para pendukung ‘masyarakat primitif’ melakukan retorika yang mengklaim ke masa kejayaan Darwin, tapi penerimaan mereka atas kemajuan unilineal adalah asing dalam pikiran Darwin. Secara umum, para pendukung ‘masyarakat primitif mengira bahwa semua masyarakat manusia atau seluruh manusia melewati serangkaian tahap sosial dan budaya yang sama. Masyarakat primitif, hidup atau mati, cara yang penting pada masya-rakat yang ada di periode kuno yang tak lagi tercatat, ketika setiap orang hidup dalam cara yang sama, beribadah pada dewa yang sama, kawin dengan aturan yang sama, memilih pemimpin dengan cara yang sama, dan mematuhi hukum yang sama. Mereka kemudian mengalami transformasi revolusioner yang sama. Tak ada dasar empiris bagi fantasi seperti ini, dan tak ada justifikasi teoretis untuk ini dalam teori Darwin. Keberatan yang sama muncul terhadap ide ‘mentalitas primitif. Ide semacam itu digunakan untuk melegitimasi banyak kebijakan rasialis dan imperialis.

Incoming search terms:

  • masyarakat primitif
  • pengertian primitif
  • pengertian masyarakat primitif
  • contoh masyarakat primitif
  • Arti primitif
  • Pengertian manusia primitif
  • pengertian masyarakat primitif dan modern
  • masyarakat primitif adalah
  • apa itu primitif
ARTI MASYARAKAT PRIMITIF | ADP | 4.5