ARTI POPULASI DAN SUMBERDAYA

By On Wednesday, August 21st, 2013 Categories : Bikers Pintar

population and resources (populasi dan sumberdaya)

Hubungan antara ukuran dan pertumbuhan populasi dengan sumber daya telah menjadi pokok perdebatan yang intens dan kekacauan yang substantif. Kebanyakan perdebatan ini berkisar pada kelangkaan sumber daya dan apakah kelangkaan sumber daya itu menipis, atau digunakan secara boros, akibat pesatnya perubahan populasi. Ada beberapa pengertian yang berkaitan erat dengan analisis masalah ini.

Pertama, untuk sumber daya yang diperdagangkan dalam pasar yang berfungsi dengan baik, harga sumber daya itu merupakan penilaian tunggal yang terbaik atas kelangkaannya. Kelangkaan tidak boleh diukur begitu saja dengan jumlah sumber daya yang masih ada atau yang harus ditemukan, tapi lebih pada pertimbangan permintaan atau nilai bagi pengguna akhir. Sumber daya yang sedikit persediaannya dan tidak ada permintaan berarti tidak langka sumber daya yang besar persediaannya dan permintaan besar bisa menjadi langka.

Kedua, dengan ukuran harga, dan didasarkan pada bukti historis dari harga riil yang relative konstan atau turun bersama waktu, tidak berarti sumber daya yang paling tidak bisa diperbarui menjadi paling langka, atau semakin menjadi langka. Ekspansi suplai dan/atau berkurangnya permintaan lebih dari cukup untuk mempertahankan keseimbangan jangka panjang sumber daya penggunaannya. Perubahan-perubahan dalam hal permintaan dan suplai sumber daya sangat dipengaruhi oleh penemuan-penemuan baru dan perubahan-perubahan dalam teknologi yang menyebabkan berkurangnya penggunaan sumber daya yang relatif langka.

Ketiga, secara historis penyebab utama dari besarnya permintaan akan sumber daya bukanlah pesatnya pertumbuhan populasi, tapi lebih karena naiknya pendapatan. Negara-negara makmur, di mana pertumbuhan populasinya lambat, mengkonsumsi sumber daya dalam jumlah yang sangat besar. Di masa depan, ketika negara-negara Dunia Ketiga menjadi lebih makmur dan karena besarnya populasi bisa diramalkan akan menyebabkan pertumbuhan populasi yang pesat dalam dekade-dekade mendatang, tekanan ke depan pada harga sumber daya menjadi jelas lebih kuat. Kelangkaan sumber daya ini akan semakin mahal untuk dihindari.

Keempat, penggunaan berlebihan sumber daya akibat tekanan populasi atau pendapatan sangat mungkin terjadi di mana harga pasar tidak cukup mencerminkan kelangkaan yang sebenarnya di masa kini atau masa depan, dan pemerintah tak mampu atau tak mau menyediakan regulasi yang tepat atau menyeimbangkannya. Hutan, perikanan, air bersih dan bahkan tanah adat merupakan daerah-daerah di mana pasar dan harga tidak bisa mengalokasikan sumber daya dengan baik. Ini karena hak properti dalam keadaan tertentu sedikit ditegakkan, dipantau dan diterapkan. Bagaimanapun, seseorang tak bisa menjual sesuatu yang tidak dipunyainya untuk menentukan harga. Jadi, harga tidak tersedia untuk menandai kelangkaan dalam kasus seperti itu. Lebih dari itu, permintaan atau nilai yang sebenarnya dari sumber daya tertentu memang tidak menentu. Contoh penting adalah nilai yang ditetapkan orang atau masyarakat pada tanaman atau spesies binatang, dan pada keanekaragaman biologi. Meski tekan an populasi bukan penyebab utama, tapi penggunaan berlebihan sumber daya di mana pasar dan kebijakan pemerintah tidak memadai, tekanan populasi benar-benar merupakan penyebab yang memperburuk, dan kadang-kadang penyebab yang penting.

Sangat sedikit yang diketahui secara operasional tentang ukuran optimal populasi sumber daya, meskipun ada banyak diskusi mengenai tingkat populasi yang berkelanjutan. Perkiraan-perkiraan tentang daya tampung bumi untuk berbagai sumber daya penting (terutama tanah dan air untuk produksi makanan) terentang antara 5 miliar sampai 30 miliar orang. Perkiraan mengenai kapasitas sistem biologi dan ekologis untuk beregenerasi, atau kelangsungannya untuk jangka panjang, sama tidak jelasnya. Menurut prediksi yang ada sekarang, populasi dunia akan mencapai 9 sampai 12 miliar pada akhir abad ke- 21. Apakah ukuran populasi ini berkelanjutan apakah cadangan sumber daya terpelihara secara memadai sepanjang masa tidak diketahui dengan derajat kepastian apapun.

ARTI POPULASI DAN SUMBERDAYA | ADP | 4.5