ARTI TEORI TIPE

By On Tuesday, August 13th, 2013 Categories : Bikers Pintar

TIPE

Inggris: type.

Beberapa Pengertian

1. Suatu forma dengan karakteristik tertentu atas dasar mana hal-hal dapat dikelompokkan menjadi satu.

2. Suatu contoh dari suatu jenis tanda (kata, ucapan, sikap) khusus. Misalnya: dalam pernyataan “warna itu bukanlah warna yang aku sukai” terdapat tujuh kata (word-tokens, tanda kata) dan ada satu “tipe kata” (word-type), yaitu “warna” yang ditemukan dua kali.

Teori Tipe

Teori tipe-tipe merupakan metode logika formal. Berkat metode ini dapat dibuat pembedaan antara objek dari berbagai macam

tingkat (level/tipe). Pembedaan ini bertujuan mengeluarkan paradoks dan antinomi dari logika dan teori. Konsep-konsep pokok ialah: a) predikat (kelas) dan b) keterangan dari suatu predikat. Sebuah keterangan berlaku bagi hal-hal (contoh-contoh) individual. Sebuah predikat dari suatu predikat berlaku bagi predikat-predikat dari hal-hal individual tetapi tidak dapat dikatakan berlaku bagi hal-hal individual itu sendiri yang memiliki predikat tersebut. Predikat-predikat dapat dianalisis pada berbagai tingkat (tipe). Contoh: sifat “merah” adalah suatu jenis urutan pertama. Sifat “merah” dalam pernyataan “Merah adalah sifat buah-buah apel”, adalah suatu jenis urutan kedua.

E. Schoeder merupakan orang pertama yang mengembangkan teori tipe dan menerapkannya pada logika kelas-kelas (1890). Teori ini dikembangkan lebih lanjut oleh Russell dan Whitehead. Pada tahun 1908— 1910, Russell membangun sistem teori tipe secara rinci dan menerapkannya pada kalkulus predikat.

ARTI TEORI TIPE | ADP | 4.5