ARTI UNDANG-UNDANG DASAR

By On Saturday, October 17th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Pengertian Undang-Undang Dasar (UUD) dapat ditinjau dari kajian ilmu hukum dan ilmu politik. Menurut Sarjana Hukum, penger-tian UUD adalah “naskah yang memaparkan rangka dan tugastugas pokok dari badan-badan pemerintahan suatu negara dan menentukan pokok-pokok cara kerja badan-badan tersebut” (E.C.S. Wade, 1965). Jadi, pada pokoknya dasar dari setiap sistem pemerintahan diatur dalam suatu UUD. Dalam hubungan ini, UUD 1945 mengatur aturan dasar dari
Sisiem Pemerintahan Indonesia yang kita kenal dengan “Tujuh Kunci Pokok Sistem Pemerintahan Indonesia” (BP-7 Pusat, 1990).
Selanjutnya bagi sarjana ilmu politik yang memandang negara sebagai organisasi kekuasaan, maka pengertian UUD adalah “kumpulan asas yang menetapkan bagaimana kekuasaan dibagi antara beberapa lembaga negara, seperti antara badan legislatif, badan eksekutif dan badan yudikatif” (Miriam Budiardjo, 1983). UUD mengatur cara bagaimana pusat-pusat kekuasaan ini bekerjasama dan menyesuaikan diri satu sama lain. Sesuai dengan pandangan ini, maka UUD dapat dianggap sebagai riwayat hidup suatu hubungan kekuasaan.
Dengan jalan membagi ke-kuasaan kepada beberapa badan, dimaksudkan agar kekuasaan pe-merintah itu dapat dibatasi sedemikian rupa, sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak ber-sifat sewenang-wenang. Oleh sebab itu, dalam setiap negara yang mendasarkan dirinya kepada asas demokrasi konstitusional, maka UUD bagi mereka berfungsi untuk membatasi kekuasaan pe-merintah sehingga dengan demikian hak-hak warganegara (HAM) akan menjadi terlindungi.

ARTI UNDANG-UNDANG DASAR | ADP | 4.5