Bagaimana Cara Mencapai Candi Ijo di Bukit Sari

By On Sunday, October 1st, 2023 Categories : Bikers Wisata

Sebuah Keajaiban di Bukit Sari

Bukit Sari, dengan keindahan alamnya yang memukau, adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terkenal di Indonesia. Namun, salah satu daya tarik utama yang harus Anda saksikan adalah Candi Ijo. Candi ini adalah perwujudan keajaiban sejarah, arsitektur, dan alam yang memukau.

Sejarah Candi Ijo

Candi Ijo, juga dikenal sebagai Candi Ijokak atau Candi Ijogak, adalah salah satu candi Hindu abad ke-9 yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Mataram, salah satu kerajaan terkuat di Jawa Tengah.

Candi Ijo adalah contoh gemilang arsitektur Jawa kuno. Nama “Ijo” sendiri berarti “hijau” dalam bahasa Jawa, mungkin merujuk pada warna hijau batu andesit yang digunakan dalam pembangunan candi ini. Seiring berjalannya waktu, Candi Ijo mengalami berbagai proses restorasi dan pemugaran sehingga saat ini kita dapat melihatnya dalam kondisi yang cukup baik.

Keindahan Arsitektur Candi Ijo

Candi Ijo memiliki ciri khas arsitektur Hindu yang klasik. Dibangun di atas sebuah bukit, candi ini memiliki pemandangan yang mengesankan dan memberikan pengalaman spiritual yang mendalam. Bangunan candi terdiri dari serangkaian candi kecil dan relief yang menggambarkan cerita-cerita Hindu kuno, seperti Ramayana dan Mahabharata.

Salah satu hal yang membuat Candi Ijo menonjol adalah lokasinya yang tinggi, memungkinkan pengunjung untuk menikmati panorama indah sekitarnya. Pemandangan matahari terbenam dari Candi Ijo adalah momen yang sangat dinantikan oleh para wisatawan.

Bagaimana Cara Mencapai Candi Ijo di Bukit Sari

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Candi Ijo di Bukit Sari, ada beberapa cara yang dapat Anda pilih. Di bawah ini, kami akan membahas beberapa opsi yang mungkin Anda pertimbangkan:

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Salah satu cara paling nyaman untuk mencapai Candi Ijo adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda berada di Yogyakarta, Anda dapat mengikuti rute menuju Desa Sambirejo. Setelah tiba di desa ini, Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Candi Ijo. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 30-40 menit dari pusat kota Yogyakarta.

2. Ojek atau Taksi Online

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi atau ingin menghindari repotnya mencari parkir, Anda dapat menggunakan layanan ojek atau taksi online. Ojek dan taksi online tersedia di hampir semua wilayah di Yogyakarta dan dapat membawa Anda langsung ke Candi Ijo.

3. Angkutan Umum

Alternatif lain adalah menggunakan angkutan umum. Anda dapat naik bus menuju Kecamatan Prambanan dan kemudian melanjutkan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki menuju Candi Ijo. Ini mungkin adalah pilihan yang lebih ekonomis tetapi memerlukan sedikit

Bagaimana Cara Mencapai Candi Ijo di Bukit Sari | ADP | 4.5