BEBERAPA PENGERTIAN TENTANG URBANISASI

By On Tuesday, September 22nd, 2015 Categories : Bikers Pintar

Telah banyak orang memberikan arti urbanisasi baik dari barat maupun yang lain, dari beberapa pengertian tentang urbanisasi itu di bawah ini akan dikemukakan antara lain : Urbanisasi adalah suatu proses dimana sebuah kota berkembang dari segi ukuran atau jumlah penduduk, fungsi dan ciri yang tertentu. Juga merupakan suatu proses daerah desa menjadi kota. Pada keseluruhannya Negaranegara Asia Tenggara telah lama mengalami, hanya tidak diketahui bila dimulai proses ini. Tetapi besar kemungkinan perkembangan proses irv mengikuti perkembangan teknologi, masyarakat, politik dan agama (Dickson Sundanam Rojali Abdul Manap, 1990).
Urbanisasi itu dalam arti pertambahan penduduk dari kota-kota selain perpindahan dan kelahiran di kota itu sendiri juga dapat terjadi karena datangnya dari luar.
Urbanisasi yang terjadi di Indonesia dan Malaysia juga terjadi disebabkan oleh kemasukan orangorang Cina dan India ke negara tersebut. Mereka ini bertumpu di kota-kota seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang. Pada tahun 1950 sebanyak 2.200.000 orang Cina masuk ke Semenanjung Malaysia dan mereka bertumpu di kota-kota Kuala Lumpur, Seremban dan kotakota lainnya. (Dickson SundaramRojali Abdul Manap, 1990). Kalau dilihat dari sudut keruangan dan ekologi urbanisasi merupakan gejala geografi. Ini disebabkan adanya perpindahan penduduk dalam satu wilayah atau perpindahan ke luar wilayah. Hal ini terjadi karena adanya salah satu komponen dari ekosistem yang tidak berfungsi dengan baik. Juga karena terjadinya adaptasi ekologi dari mereka yang berpindah ke kota.
Urbanisasi dapat dilihat sebagai suatu proses dalam arti sebagai berikut:
1. Meningkatnya jumlah dan kepadatan penduduk kota, kota menjadi lebih menggelembung atau membengkak sebagai akibat dari pertambahan penduduk, baik oleh hasil kenaikan fertilitas penghuni kota maupun karena adanya tambahan penduduk dari desa yang bermukim dan berkembang di kota.
2. Bertambahnya jumlah kota dalam satu negara atau wilayah sebagai akibat dari berkembangnya ekonomi, budaya dan teknologi yang baru.
3. Berubahnya kehidupan desa atau suasana desa menjadi suasana kehidupan kota.
Bintarto dalam bukunya “Urbanisasi dan Permasalahannya” mengemukakan bahwa dalam memenuhi seluruh definisi atau konsepsi urbanisasi diperlukan beberapa pertimbangan yang didasari atas sifat yang dimiliki oleh arti dan istilah urbanisasi :
1. Dari segi demografi, urbanisasi ini dilihat sebagai suatu proses perubahan penyebaran penduduk dan perubahan dalam jumlah.
2. Dari segi ekonomi, urbanisasi ini dilihat dari perubahan struktural dalam sektor mata pencaharian. Ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk desa meninggalkan pekerjaan di bidang pertanian, beralih bekerja menjadi buruh atau pekerja yang sifatnya non agraris di kota.
3. Dari sudut pandangan seorang ilmuwan perilaku urbanisasi dilihat dari segi pentingnya atau sejauh mana manusia itu dapat menyesuaikan diri terhadap situasi yang berubah-ubah baik disebabkan oleh kemajuan teknologi maupun dengan adanya perkembangan-perkembangan baru dalam kehidupan.
4. Dari sudut pandangan sosiologi maka urbanisasi ini dikaitkan dengan sikap nidup penduduk dalam lingkungan pedesaan yang mendapat pengaruh dari kehidupan kota. Dalam hal ini apakah mereka dapat bertahan pada cara hidup orang kota. Urbanisasi ini dapat menimbulkan lapisan sosial baru yang akhirnya menjadi beban kota. Darr mereka yang tidak berhasil hidup layak di kota akan menjadi gelandangan dan membentuk pemukiman kumuh dan liar.
5. Dari sudut pandangan geografi, urbanisasi ini dilihat dari segi distribusi, definisi perubahan dan pola menurut waktu dan tempat (Bintarto, 1983).

BEBERAPA PENGERTIAN TENTANG URBANISASI | ADP | 4.5