Cara Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta

By On Sunday, October 1st, 2023 Categories : Bikers Wisata

Candi Kalasan adalah salah satu candi Buddha terkenal di Yogyakarta, Indonesia, yang memiliki sejarah yang kaya dan arsitektur yang megah. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, mengunjungi Candi Kalasan adalah pengalaman yang tak terlupakan. Namun, sebelum Anda dapat menikmati keindahan candi ini, Anda perlu tahu cara menuju ke sana. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai cara untuk mencapai Candi Kalasan dari Yogyakarta (Cara Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta).

Lokasi Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak sekitar 13 kilometer sebelah timur Yogyakarta, di Kabupaten Sleman, Jawa Tengah. Ini adalah salah satu candi dari kompleks candi Prambanan yang terkenal. Candi ini dibangun pada abad ke-8 Masehi selama masa pemerintahan dinasti Syailendra dan merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang penting di Indonesia.

Bagaimana Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta

Ada beberapa cara untuk menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta, tergantung pada preferensi Anda. Berikut adalah beberapa opsi yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Salah satu cara termudah untuk mencapai Candi Kalasan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda memiliki mobil atau sepeda motor, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  • Dari pusat Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda ke timur menuju Jalan Solo.
  • Setelah beberapa kilometer, Anda akan melewati Terminal Jombor. Teruskan perjalanan ke arah timur.
  • Anda akan melihat petunjuk menuju Candi Kalasan. Ikuti petunjuk tersebut.
  • Setelah beberapa menit, Anda akan sampai di Candi Kalasan.

Perlu diingat bahwa lalu lintas di Yogyakarta bisa cukup ramai, terutama pada jam sibuk, jadi pastikan untuk memeriksa kondisi lalu lintas sebelum berangkat.

2. Menggunakan Ojek

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi atau tidak ingin mengemudi, Anda dapat menggunakan ojek (sepeda motor taxi) untuk mencapai Candi Kalasan. Ojek biasanya tersedia di berbagai lokasi di Yogyakarta. Anda dapat bernegosiasi harga dengan pengendara ojek sebelum berangkat.

3. Menggunakan Transportasi Umum (Cara Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta)

Jika Anda ingin menghemat biaya, Anda dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju Candi Kalasan. Anda dapat naik bus atau mikrolet dari Yogyakarta ke arah Sleman. Setelah itu, Anda dapat naik ojek atau berjalan kaki ke candi, yang berjarak beberapa kilometer dari jalan utama.

4. Tur Wisata

Jika Anda ingin pengalaman yang lebih terorganisir, Anda juga dapat bergabung dengan tur wisata yang menawarkan kunjungan ke Candi Kalasan. Tur ini biasanya mencakup transportasi, panduan, dan fasilitas lainnya. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang sejarah dan budaya candi ini.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Candi Kalasan (Cara Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta)

Sebelum Anda pergi, penting untuk mempertimbangkan waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Kalasan. Kondisi cuaca di Yogyakarta cenderung panas dan lembap sepanjang tahun, tetapi bulan-bulan April hingga Oktober dianggap sebagai musim kering dan lebih nyaman untuk menjelajahi candi dan lingkungannya. Hindari kunjungan selama musim hujan (November hingga Maret) karena curah hujan yang tinggi dapat mengganggu pengalaman Anda.

Tips untuk Berkunjung ke Candi Kalasan (Cara Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta)

Sebelum Anda berangkat, ada beberapa tips penting yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Pakaian yang Tepat: Kenakan pakaian yang santai dan nyaman, tetapi juga sopan, karena Candi Kalasan adalah situs bersejarah.
  • Pelindung Matahari: Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari matahari yang terik.
  • Minum Air: Bawa botol air minum untuk tetap terhidrasi selama kunjungan Anda.
  • Kamera: Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel pintar Anda untuk mengabadikan momen indah selama kunjungan Anda.
  • Pentingnya Kebersihan: Jagalah kebersihan lingkungan candi dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti aturan yang berlaku.

Kesimpulan

Mengunjungi Candi Kalasan adalah pengalaman yang mempesona untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya Indonesia. Meskipun mencapai candi ini mungkin memerlukan sedikit perencanaan, usaha Anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dan wawasan tentang warisan budaya yang kaya. Jadi, jika Anda berada di Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Kalasan yang megah ini.

Semoga artikel ini membantu Anda merencanakan perjalanan Anda ke Candi Kalasan dan memberikan informasi yang berguna tentang cara menuju ke salah satu situs bersejarah terbaik di Yogyakarta.

Cara Menuju Candi Kalasan dari Yogyakarta | ADP | 4.5