DERAJAT PERUBAHAN WARNA GIGI

By On Tuesday, June 30th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Derajat perubahan warna gigi dapat dibagi dalam kategori ringan, sedang dan berat. Pada derajat perubahan warna gigi yang ringan terlihat gigi berwarna kuning muda atau abu-abu muda yang merata pada seluruh permukaan gigi tanpa adanya konsentrasi stain pada daerah cervical gigi. Pada derajat perubahan warna gigi yang sedang terlihat gigi ber-warna kuning gelap atau abu-abu gelap tanpa konsentrasi stain pada daerah cervical gigi. Pada derajat perubahan warna gigi yang berat terlihat gigi berwarna abu-abu gelap atau biru keunguan biasanya disertai konsentrasi stain yang berat pada daerah cervical gigi.

Struktur gigi yang mengalami perubahan warna berpusat pada dentin yang dalam (gambar 1), dan perubahan warna gigi atau pigmentasi gigi tampak lebih gelap didaerah cervical jika dibandingkan dengan didaerah incikal dan oklusal. Hal ini sesuai dengan bentuk anatomi gigi yaitu enamel menipis kearah cervical, sehingga dentin yang berwarna kuning coklat lebih terlihat dari luar. Dengan terjadinya erupsi gigi dan pengaruh cahaya ultra violet dari sinar matahari, maka warna akan berubah menjadi lebih gelap.

Hal ini mungkin disebabkan oleh karena oksidasi bahan kimia tadi dengan cahaya da-lam waktu yang lama.

Prinsip 21

Kreatifitas, iaealisme dan semangat dari para pemuda harusiah dimobilitasi untuk menumbuhkan kemitraan global bagi upaya un-tuk mewujudkan pemb#ngunan yang berkelanjutan dan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Prinsip 22

Penduduk asli dan anggota masyarakat, serta masyarakat setempat lainnya, mempunyai peranan yang penting dalam pengelolaan lingkungan dan pembangunan karena mereka memiliki pengetahuan dan kebiasaan tradisional yang bermanfaat untuk maksud tersebut. Negara-Negara harus menghormati dan memelihara indentitas, kebudayaan dan kepentingan kelompok masyarakat ini dan mendorong mereka agar berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Prinsip 23

Lingkungan dan sumber alam dari rakyat yang berada dalam keadaan tertekan, dominasi dan pendudukan harusiah dilindungi.

Prinsip 24

Peperangan mempunyai sifat yang merusak terhadap pembangunan yang berkelan-jutan. Karenanya, dalam keadaan perang hendaknya Negara-Negara menghormati hukum internasiona! yang melindungi lingkungan dan dimana diperlukan bekerjasama untuk mengembangkannya secara lebih jauh.

Prinsip 25

Perdamaian, pembangunan dan perlindungan terhadap lingkungan adalah saling berkaitan dan tak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Prinsip 26

Negara-Negara hendaknya menyelesaikan perselisihan di bidang lingkungan secara damai dan melalui cara yang baik sesuai dengan Piagam PBB.

Prinsip 27

Negara-Negara dan anggota masyarakat hendaknya, dengan niat baik dan berdasarkan semangat kemitraan bersama, dapat bekerja-sama dalam mewujudkan dan melaksanakan prinsip-prinsip yang termaktub dalam Deklarasi ini, dan bekerjasama pula dalam upaya untuk mengembangkan lebih jauh hukum internasional di bidang pembangunan yang ber-kelanjutan.

DERAJAT PERUBAHAN WARNA GIGI | ADP | 4.5