EKOSISTEM RAWA PANTAI INDAH KAPUK

By On Friday, August 7th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Kawasan PIK adalah eks rawa, terletak di wilayah pantai bagian utara kota Jakarta yang berada pada zone pasang surut. Kondisi topografi umumnya relatif datar, bahkan pada areal- areal tertentu berelevasi lebih rendah dari pada permukaan air laut, selain tergenang air membentuk lahan rawa. Menurut Widjaya dkk, (1992) zone pasang surut berdasarkan jangkauan air pasang dapat dibedakan ke dalam 4 tipe yaitu :

Tipe A : Lahan yang selalu terluapi air pasang, baik pasang besar (spring tide) maupun pasang kecil (neap tide);

Tipe B : Lahan yang hanya terluapi oleh

pasang besar;

Tipe C : Lahan yang tidak pernah terluapi walaupun pasang besar. Air pa-sang mempengaruhinya secara tidak langsung, air tanah dekat dengan permukaan tanah, kurang dari 50 cm;

Tipe D : Lahan yang tidak terluapi air pasang dan air tanah lebih dalam dari 50 cm dari permukaan tanah.

Rawa merupakan ekosistem yang khas serta memiliki fungsi yang sangat penting dalam menunjang kehidupan, pengatur tata air di dalam tanah, berfungsi sebagai penampung kelebihan air dari laut dan darat. Lahan rawa berfungsi sebagai wilayah tangkapan air hujan yang dapat mencegah banjir pada musim hujan dan sekaligus sebagai wilayah resapan untuk mencegah intrusi air laut pada musim kemarau. Dalam hal ini lahan rawa berfungsi bagaikan spon bagi kehidupan ekosistem sekitarnya. Bahkan tanah rawa pasang surut bersama- sama dengan komponen ekosistem estuaria dapat berfungsi sebagai jebak hara dan juga jebak bahan pencemar (Koesoebiono, 1992).

Ekosistem rawa memiliki sifat khas jenuh air yang memiliki kemampuan alami untuk memindahkan air secara alami apabila pada daerah rawa terdapat kelebihan air. Zone rawa pantai merupakan zona transisi antara habitat air tawar dan habitat lautan yang mempunyai temperatur, salinitas dan fakicr=faktor tekanan fisik lainnya rendah, Odum (1989). Kondisi ini mengakibatkan jasad-jasad hidup di kawasan ini harus memiliki toleransi besar terhadap fluktuasi faktor ekologi. Kondisi bahan makanan begitu tinggi sehingga kepadatan populasinya juga tinggi. Fungsi tanah rawa dalam menjaga ekosistem sekitarnya sangat tergantung kepada keutuhan daripada semua komponen baik komponen biotik maupun komponen abiotik dari ekosistem lahan rawa tersebut. Hal ini terjadi karena pada dasarnya ekosistem rawa pasang surut merupakan ekosistem yang sangat rapuh. Hilangnya satu komponen dapat berpengaruh terhadap fungsi ekosistem secara keseluruhan.

Manfaat ekologis utama dari rawa payau PIK adalah tersedianya habitat bagi burung- burung air untuk hidup maupun untuk singgah bagi burung-burung migran. Selain itu kawasan rawa payau juga berfungsi sebagai penampung air dari daratan sebelum sampai laut.

 

EKOSISTEM RAWA PANTAI INDAH KAPUK | ADP | 4.5