FUNGSI-FUNGSI PANCASILA

By On Monday, August 3rd, 2015 Categories : Bikers Pintar

Fungsi-fungsi Pancasila sebagai:

  1. Pandangan hidup bangsa Indonesia, yang artinya setiap bangsa mempunyai cita-cita untuk masa depan dan menghadapi masalah bersama dalam mencapai cita-cita bersama. Cita-cita bangsa Indonesia tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yakni mewujudkan suatu tata masyarakat yang adil dan makmur, material dan spiritual berdasarkan Pancasila. Seperti halnya, suatu bangsa yang bertekat mencapai cita-cita bersama memerlukan suatu pandangan hidup.
  2. Jiwa dan kepribadian baangsa, artinya kehidupan makhluk ditentukan oleh ada tidaknya jiwa. Jiwa berarti Pertanda kehidupan yang nyata. Manusia hidup belum tentu dihargai sebagai manusia, kalau manusia itu sudah kehilangan jiwaanya berarti jiwa disini menentukan kehidupan dan arti hidup itu sendiri. Manusia di atas merupakan perumpamaan terhadap adanya negara. Suatu negara belum tentu sama nilainya di antara negara lain atau orang lain. Keberadaan negara dan kuaat atau lemahnya suatu negara sangat ditentukan oleh jiwa negarta itu.
  3. Dasar negara Republik Indonesia, artinya Pancasila berffungsi dan berperan sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara.
  4. Tujuan negara, yang tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 alinea ke empat, yang berbunyi sebagai berikut : “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.
  5. Perjanjia luhur budaya Bangsa Indonesia.

Perjanjian yang dimaksudkan ialah kesepakatan dari semua pihak dan unsur yang terlibat membicarakan kemerdekaan Indonesia. Dalam mengambil kesepakatan yang disebut sebagai perjanjian luhur itu antara lain dari kelompok atau golongan, nasionalisme agama (Islam) kaum republiken, utusan kelompok bangsawan dan utusan-utusan lainnya, f. Filsafat dan ideoiotgi bangsa dan negara.

Seorang yang berfilsafat dapat di-umpamakan seorang yang berpijak di bumi sedang tengadah di bintang-bin-tang. Dia ingin mengetahui hakekat diri-nya dalam kesemestaan galaksi. Arti Pancasila, sebagai dasatr filsafat nega-ra, adalah sama dan mutlak bagi seluruh bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, tidak ada tempat bagi warga negara Indonesia untuk pro dan kontra, karena Pancasila sudah ditetapkan sebagai filsaafat bangsa Indonesia. Idiologi berasal dari idio artinya cita-cita dan logy berarti pengetahuan, ilmu dan faham. Menurut W. White idiologi ialah soal cita-cita praktek atau doktrin atau ajaran dari suatu lapisan masyarakat a- tau sekelompok manusia yang dapat di beda-bedakan (Kansie, C.S.T, 1984).

Setelah membaca meneliti dan memahami dengan seksama ffungsi fungsi Pancasila, maka setiap orang baik sebagai anggota lembaga negara, lembaga masyarakat, waarga negara maupun sebagai penduduk berkewajiban moral untuk mengamalkan semua sila Pancasila secara serasi, seba-gai kesatuan yang utuh.

FUNGSI-FUNGSI PANCASILA | ADP | 4.5