FUNGSI INTRO ARTIKEL

By On Friday, May 8th, 2015 Categories : Bikers Pintar

 

  1. Atraktif

Artinya intro yang kita tulis harus mampu untuk membangkitkan perhatian dan minat khalayak pembaca terhadap topik persoalan yang kita bahas. Dengan intro yang atraktif, khalayak pembaca yang sedang mengantuk sekalipun, diharapkan akan segera terjaga dan membuka mata lebar-lebar. Mereka tidak ingin kehilangan kesempatan untuk memperoleh informasi atau temuan terbaru dari artikel yang kita tulis.

Fungsi pertama intro lebih banyak menyentuh wilayah psikologsi pembaca. Mereka diusik, “dicubit”, atau dibangunkan terlebih dahulu ingatan dan perhatiannya untuk tidak melewatkan artikel kita. Seperti dikemukakan para pakar komunikasi, proses komunikasi efektif akan didahului dengan tiga tahapan yakni perhatian, pengertian, dan penerimaan. Mereka tak mungkin mengerti, apalagi menerima pesan yang disampaikan, apabila secara kejiwaan, mereka tak memiliki perhatian atau tak tertarik dengan apa yang akan atau sedang dibicarakan.

  1. Introduktif

Intro yang kita tulis harus dapat mengantarkan pokok persoalan yang dikupas dengan tegas dan jelas sehingga pembaca dapat mengenali dan merumuskannya dengan mudah. Dengan kata lain intro harus memuat kalimat topik yakni pernyataan tentang isi pokok bahasan yang sudah dibatasi ruang lingkupnya secara spesifik.

  1. Korelatif

Kalimat dan paragraf pertama yang kita tulis, harus dapat membuka jalan bagi kalimat dan paragraf kedua, dan seterusnya.Intro sebagai bagian pembukaan bertugas sebagai penghubung dengan dua bagian yang lain, yakni bagian pembahasan dan bagian penutup. Tanpa keterikatan hubungan yang kuat, maka tiap kalimat atau paragraf hanya akan melahirkan pengertian masing-masing yang berdiri sendiri. Tidak padu.

  1. Kredibilitas

Fungsi intro tidak hanya menyangkut masalah teknis seperti atraktif, introduktif, dan korelatif. Ada juga fungsi lain yang menyangkut masalah akademis. Fungsi yang bersinggungan dengan kategori dan bobot akademis pada intro artikel disebut fungsi penumbuhan kredibilitas penulis. Maksudnya, kredibilitas seorang penulis artikel akan tampak pada intro yang ditulisnya. Intro suatu artikel akan menunjukkan kepada pembaea mengenai tingkat pengetahuan, keahlian, dan bidang pengalaman yang dimiliki penulisnya. Sebagai contoh, artikel yang ditulis lulusan sekolah dasar, akan sangat jauh berbeda dengan artikel yang ditulis oleh lulusan SI dilihat dari aspek redaksinya dan segi kualitasnya.

Incoming search terms:

  • fungsi intro
  • apakah fungsi intro
FUNGSI INTRO ARTIKEL | ADP | 4.5