HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN HIDUPNYA

By On Friday, August 21st, 2015 Categories : Bikers Pintar

Makhluk hidgp adalah sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekelilingnya, dimana mereka hidup. Dengan kata lain bahwa ada hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Demikian pula hewan-hewan untuk mempertahankan hidupnya atau guna perkembangannya mereka harus berjuang, dalam menghadapi tantangan dari ling-kungannya. Oleh karena itu bantek species-species yang membentuk kekuatan tertentu untuk mengatasi keadaan lingkungannya. Mereka harus berjuang antara lain untuk memperoleh makan, menyesuaikan diri terhadap aspek-aspek lingkungan hidupnya, mencari jalan untuk melindungi diri dari musuh, serta untuk keberhasilan reproduksi dirinya/jenisnya. Oleh karena itu mereka ada yang menjadi stabil terhadap macam-macam kedalaman, temperatur, keadaan dasar dari lautan, ada yang membentuk alat-alat untuk mengambang bebas, atau berenang, terhadap perluasan hypersaline, air payau dan air tawar, mereka mampu berpindah ketanah bahkan ka udara.

Adaptasi dari hewan terhadap macammacam lingkungan kehidupan adalah penting dalam mempelajari Paleontologi. Sebab hal ini dapat dipergunakan untuk mengetahui apakah kenyataan dimasa sekarang sama dengan kenyataan dimasa lampau, atau adakah hubungan keduanya. Pengetahuan tentang cara hidup hewan-hewan modern dari semua jenis, kemudiari dapat membantu dalam pengetahuan-pengetahuan adaptasi dari ivertebrata dan vertebrata masa lalu. Sebab adaptasi ekologi dari group-group hewan, kiranya telah diperoleh dari awal sejarahnya dan dipertahankan secara terus-menerus. Dengan demikian dengan adanya suatu fakta bahwa coral-coral modern membentuk karang-karang hanya pada lautan panas yang dangkal, adalah berhubungan dengan pengamatan bahwa karang-karang coral dari mesozoik dan Paleozoik terjadi terutama pada garis lingtang rendah (daerah khatulistiwa) dan jika dilihat depositnya menunjukkan tanda-tanda bahwa asalnya dari laut dangkal.

Oleh karena itu diperkirakan, bahwa karang-karang coral dari pretertiary adalah seperti coral modern, yang mempertahankan hidupnya dalam air panas yang dangkal. Contoh lain, misalnya saja Ostrea yang mempunyai bentuk cangkang yang menyimpang dari bentuk cangkang Pelecypoda pada umumnya. Bentuk cangkang Pelecypoda pada umumnya adalah simetris, sedangkan pada Ostrea cangkang yang kiri lebih tebal dan lebih besar dari yang kanan. Cangkang yang kiri tertambat di dasar batuan yang keras. Hidupnya di pantai dengan dasar batuan yang keras. Beniuk cangkang yang demikian adalah merupakan adaptasi hewan tersebut terhadap lingkungannya.

Ada 3 jenis lingkungan hidup, yaitu :

  1. Lingkungan hidup air.
  2. Lingkungan hidup darat.
  3. Lingkungan hidup udara.

Berdasarkan uraian sebelumnya, bahwa fosil pada umumnya terjadi pada lingkungan hidup air dan terutama di laut, maka dalam hal ini hanya akan dibicarakan lingkungan hidup laut.

Incoming search terms:

  • hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan tak hidup secara terus menerus dapat membentuk
HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN HIDUPNYA | ADP | 4.5