INTERAKSI SEBAGAI DASAR PROSES SOSIAL

81 views

Di dalam pembahasan mengenai bidang telaah, telah dinyatakan bahwa proses sosial merupakan salah satu acara pokok pembahasan dalam sosiologi. Dengan proses sosial dimaksud adalah pengaruh timbal balik antara pelbagai bidang kehidupan bersama. Kehidupan bersama itu dapat dilihat sebagai terdiri dari beberapa segi atau aspek, yaitu ada segi kehidupan ekonomi, segi kehidupan politik, segi kehidupan hukum, dan sebadainya.   Jadi proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara, misalnya, segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidupan politik, segi kehidupan politik dengan segi kehidupan hukum, segi kehidupan hukum dengan ekonomi, dan seterusnya.

Pada dasarnya gejala-gejala atau penomena- penomena , seperti ekonomi, hukum, politik, dan sebagainya, itu tidak dapat bertindak. Oleh karena geja-gejala atau penomena-penomena itu tidak dapat bertindak, sudah tentu tidak akan terjadi pengaruh timbal-balik antara gejala yang satu dengan gejala lainnya. Pada dasarnya yang dapat bertindak

jadi, yang dapat berhubungan itu adalah manusia, yang mewujudkan suatu aktivitas. Dengan demikian, aktivitas sosial itu terjadi karena adanya aktivitas dari manusia dalam hubungannya dengan manusia lain. Oleh karena yang bertindak – jadi, yang berhubungan itu – adalah manusia, maka dapat dinyatakan bahwa interaksi sosial merupakan bentuk utama dari proses sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *