KARAKTERISTIK SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU

262 views

Soerjono Soekanto menulis bahwa sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai sifat dan hakekat. Sifat dan hakekat sosiologi adalah antara lain:

  1. Sosiologi termasuk dalam rumpun ilmu-ilmu sosial yang mempelajari dunia empiris.
  2. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang kategoris, artinya sosiologi membatasi diri pada apa yang terjadi dewasa ini dan bukan pada apa yang seharusnya terjadi.
  3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni (“pure science”), yaitu ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak, hanya untuk mempertinggi mutunya.
  4. Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang abstrak, bukan ilmu pengetahuan yang konkrit.. Maksudnya adalah yang diperhatikannya adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat dan bukan wujud konkrit.
  5. Sosiologi bertujuan untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum. Sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip-prinsip atau dalil-dalil umum daripada interaksi antara manusia dan juga perihal sifat dan hakekatnya, bentuk serta isi dan struktur masyarakat.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum sifatnya dan bukan merupakan ilmu pengetahuan khusus. Artinya, sosiologi mempelajari gejala-gejala umum yang ada pada setiap interaksi dalam masyarakat.

Sehubungan dengan sifat hakekat dari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan murni (“pure science”), hal ini tidaklah harus diartikan bahwa sosiologi tidak dapat menyumbangkan ilmu yang ada padanya itu untuk kepentingan masyarakat. Ilmu yang ada pada sosiologi itu dapat saja diaplikasikan oleh ilmu lain. Biersted berkata bahwa “. . . ralations between the pure and the applied Sciences …” seperti nampak pada daftar dibawah ini, sebagai berikut :

Dengan demikian, suatu ilmu pengetahuan yang bersifat murni berarti terlepas dari kegunaan praktis secara langsung. Kecenderungan ini dinilai oleh Bertrand  sebagai:

  1. Usaha untuk menghindarkan penyelewengan ilmiah yang dirasakan bisa terjadi bila ilmu-ilmu itu dipakai oleh seseorang untuk mempelajari pemecahan masalah-masalah praktis.
  2. Suatu mekanisme pertahanan diri untuk mengelak dari tekanan yang ditujukan kepadanya (baca: para ahli) guna memberikan jawaban pemecahan terhadap masalah-masalah yang sulit.

Terlepas dari benar atau tidaknya kedua kecen-derungan di atas, perlu pula diketahui bahwa sosiologi merupakan ilmu yang masih muda usianya dan sosiologi itu sendiri baru sekarang ini mulai mencapai kesempurnaan dalam teori dan kememadaian dalam metodologi. Donald Young telah menyusun beberapa faktor yang menghambatkeija sama antara para sosiolog dengan orang-orang yang mempraktekkan sosiologi dimasa lalu, yaitu:

  1. Ketentuan-ketentuan di dalam praktek-praktek profesi tidak selalu mendorong atau membantu terbentuknya kerja sama yang erat dengan badan-badan operasi.
  2. Para sosiolog kurang cukup persiapannya karena cara sosiologi itu diajarkan masih kurang sempurna.
  3. Orang-orang yang menggunakan ilmu itu di dalam pekerjaannya mempunyai harapan terlalu muluk atau tidak realistis, tanpa melihat keadaan yang masih amat kurangnya pengetahuan dan teknik- teknik yang dimiliki oleh sosiologi pada waktu itu.

Selanjutnya, Young mengemukakan bahwa disatu fihak para sosiolog menggunakan ilmu tersebut untuk mengerti sesuatu, sedangkan para pemakai menitik beratkan pada apa yang bisa diperbuat dari informasi sosiologi itu sendiri. Kegunaan praktis suatu ilmu bukanlah berarti dapat atau harus mengabaikan penelitian pokok di dalam kehidupan teori. Penelitian semacam itu (baca: dalam rangka mencari teori) seringkah menjadi landasan bagi praktek yang baik. Ada orang mengatakan bahwa “jika ada suatu yang lebih buruk dari teori tanpa praktek itu adalah praktek tanpa teori.”

Incoming search terms:

  • Karakteristik sosiologi
  • karakteristik sosiologi yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak serta hanya untuk mempertinggi mutu adalah
  • sifat dan karakteristik sosiologi
  • karakteristik sosiologi sebagai ilmu
  • jelaskan karakteristik sosiologi sebagai ilmu
  • karakteristik sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
  • sosiologi adalah ilmu yang masih muda usia dan pengembangan ilmu pengetahuan ini bersifat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *