KEPEMIMPINAN PANCASILA DALAM STABILITAS NASIONAL

By On Tuesday, August 18th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Bangsa Indonesia secara bulat telah menetapkan Pancasila sebagai Idiologi Bangsa, dan sebagai Pandangan hidup bangsa guna menuju masyarakat adil dan makmur. Pancasila sebagai hukum tertinggi di Negara Indonesia, jadi segala peraturan dibawahnya seperti : Ketetapan MPR, UU/Peraturan-Pemerintah Pengganti UU, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden dan Peraturan peraturan pelaksanaan lainnya dari Instruksi Menteri sampai ke daerah harus selalu berlandaskan Pancasila. Bahkan Idiologi Pancasila sudah menjadi satu-satunya azas bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Semua manusia Indonesia terikat kepada Idiologi Pancasila, dimanapun dia berada.

Salah satu faktor yang menentukan dalam pencapaian tujuan Negara adalah Kepemimpinan. Adapun kepemimpinan yang dikembangkan di Indonesia adalah Kepemimpinan Pancasila, yaitu Kepemimpinan yang mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian disemua segi kehidupan. Jadi kepemimpinan Pancasila harus dapat dipertanggung jawabkan kepada; dirinya sendiri, orang/kelompok lain, masyarakat, pemerintah, alam lingkungan dan Tuhan Y.M.E.

Panduan dari Kepemimpinan Pancasila adalah Eka Prasetya Panca Karsa/ P4, dengan 36 butir nilai yang terkandung di dalamnya, termasuk para pemimpin. Dari sejarah diketahui bahwa di Indonesia sebelum Rl diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, pimpinan masyarakat dipegang oleh Raja-raja (pada zaman kerajaan), dimana pimpinan tersebut dipilih melalui Hukum Adat. Setelah Indonesia merdeka, para ahli mulai memikirkan Kepemimpinan yang bagaimana yang tepat untuk diterapkan di Indonesia untuk tercapainya masyarakat adil makmur.

 

KEPEMIMPINAN PANCASILA DALAM STABILITAS NASIONAL | ADP | 4.5