KEPEMIMPINAN SEBAGAI ALAT MENCAPAI TUJUAN

25 views

Banyak para ahli teori turut mengetengahkan ide untuk mencapai tujuan definisinya. Beberapa ahli teori mendefinisikan kepemimpinan sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan memuaskan kebutuhan. Menurut Cowley (1928), “Pemimpin adalah individu yang memiliki program/rencana dan bersama anggota kelompok bergerak untuk mencapai tujuan dengan cara yang pasti.” Bellows (1959) mendefinisikan kepemimpinan sebagai proses menciptakan situasi sehingga para anggota kelompok, termasuk pemimpin, dapat mencapai tujuan bersama dengan hasil maksimal dalam waktu dan kerja yang singkat. Knickerbocker (1948), berpendapat fungsional kepemimpinan adalah bila pemimpin dipersepsi oleh para anggota kelompok sebagai pengendali dalam pemuasan kebutuhan mereka. Cattel (1951) mendefinisikan pemimpin sebagai seorang individu yang menghasilkan kepribadian kelompok (group syntality) yang berbeda seandainya dia tidak ada dalam kelompok tersebut. Syntality diartikan sebagai suatu penampilan dari kelompok dalam usahanya mencapai tujuan. Jadi, kepemimpinan dapat diukur dari akibat yang ditampilkan oleh kelompok tersebut.

R.C. Davis (1942) memandang kepemimpinan sebagai kekuatan dinamik yang merangsang motivasi dan koordinasi organisasi dalam mencapai tujuan. Urwick (1953) menyatakan bahwa pemimpin adalah penampilan individual yang dapat menggambarkan tujuan bersama tidak saja hanya bagi anggota kelompok tetapi juga anggota di luar kelompok. K. Davis mendefinisikan kepemimpinan sebagai faktor manusia yang mempersatukan kebersamaan kelompok serta motivasi untuk mencapai tujuan.”

Definisi-definisi tersebut di atas memandang kepemimpinan yang mempunyai nilai instrumental. Kepemimpinan di sini menghasilkan peran-peran tertentu yang harus dimainkan dan dapat mempersatukan kelompok dalam rangka mencapai tujuan bersama. Jadi, kepemimpinan didefinisikan sebagai suatu fungsi yang sangat penting dalam suatu kelompok.

Incoming search terms:

  • alat untuk mencapai suatu tujuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *