KETENTUAN DAN KERUGIAN PERJANJIAN LISENSI

By On Wednesday, August 12th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Pelaksanaan perjanjian lisensi paten terdapat keuntungan dan kerugian baik dilihat dari pihak Licensor (pemberi lisensi), maupun dari pihak Licensee (penerima lisensi). Adapun pertimbangan menguntungksn dalam memberikan lisensi:

  1. Dengan pemberian lisensi merupakan cara untuk menghasilkan uang.
  2. Lisensi mempunyai pengaruh memperluas pasar.
  3. Dari segi teknis pemberian lisensi punya daya memperluas cakrawala.
  4. Dengan lisensi dapat diadakan tukarmenukar pengetahuan cakrawala.
  5. Lisensi berakibat, olehnya sendiri diproduksi barang bersangkutan, tentu setelah terbukanya pasar.
  6. Lisensi dapat memperluas kepentingan, dengan jalan mendapatkan paket bagian dalam perusahaan penerima lisensi, tentunya melalui tukar menukar lisensi.
  7. Pemberian lisensi dapat digunakan untuk menyelesaikan kemungkinan sengketa paten misalnya jika seseorang memiliki paten yang tidak begitu kuat, yang dengan aksi pihak ketiga terancam pembatalan, maka pihak ketiga ini dapat dinambat aksinya lebih jauh dengan memberikan lisensi kepadanya dalam lingkungan paten tadi.

Sebaliknya pertimbangan kerugian dalam fnemberikan lisensi adalah :

  1. Membuka peluang bagi lahirnya saingansaingan baru di masa yang akan datang. Penerima lisensi mendapatkan pengetahuan mengenai tingkat terakhir dari teknik, yang berarti menghemat ongkos-ongkos dalam pengembangan produk yang bersangkutan sekaligus mereka dapat menikmati nama baik yang telah ada pada pemberi lisensi.
  2. kadang kaia biaya yang diperlukan dalam perjanjian penawaran lisensi jauh lebih besar dibandingkan dengan imbalan yang akan diterima. Hal tersebut disebabkan karena pembicaraan pembicaraan mengenai perjanjian lisensi ini, kadang kadang memakan waktu yang cukup lama, sehingga imbalan pembayaran akhirnya tidak lagi menguntungkan.
  3. Kemungkinan didiskreditkannya nama baik pemberi lisensi oleh penerima lisensi yang kurang ahli, terutama kalau objek lisensi itu merupakan sesuatu yang rumit.

 

Incoming search terms:

  • kelebihan dan kekurangan lisensi
KETENTUAN DAN KERUGIAN PERJANJIAN LISENSI | ADP | 4.5