KOMPONEN-KOMPONEN ETHOS

By On Thursday, November 13th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Komponen-komponen ethos adalah :

—           competence (kemampuan/kewenangan)

—           integrity (integritas/kejujuran)

—           good will (tenggang rasa)

Komunikan akan menentukan apakah mereka percaya bahwa komunikator memiliki kualitas tersebut. Tugas komunikator ialah membimbing komunikan untuk percaya, bahwa ia adalah orang yang berkemampuan dalam subjek yang ditanganinya, bahwa ia mempunyai integritas, dan bahwa ia mempunyai good will terhadap komunikan.

Komunikator menampilkan ethosnya kepada komunikan dengan jalan melakukan pilihan. Misalnya, jika ia memilih untuk mengingkari kesenangan yang memadai dengan situasi, jika ia memilih keuntungan yang tidak adil dari lawannya, ethosnya menurun. Sebaliknya, bila ia mendemonstrasikan kepekaan pada kesenangan yang bersifat sosial, bila ia mendemonstrasikan kejujuran dan kedermawanannya kepada lawannya, maka di mata komunikan ia meningkatkan ethosnya.

Sebagai tahap pertama dalam pembinaan ethosnya, komunikator harus berusaha untuk mengembangkan komponen tersebut di dalam dirinya sendiri. Tetapi ini hanya suatu tahap pertama, karena kualitas yang benar-benar dikehendaki tak dapat mempengaruhi situasi komunikasi, kecuali kalau komunikator mengadakan pilihan untuk ditimbulkan kepada komunikan.

 

KOMPONEN-KOMPONEN ETHOS | ADP | 4.5