KONSEP JOHARI WINDOW BAGI KOMUNIKATOR

By On Tuesday, November 11th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Termasuk etnos komunikator ialah sikap mentalnya yang tercermin- kan dalam tingkah lakunya sebagaimana digambarkan secara skematik oleh Prof. Flarry Ingham dan terkenal sebagai Johari Window. Berdasarkan konsep tersebut, tingkah laku komunikator dapat terlihat secara skematis pada gambar tersebut di atas.

Area I, yakni Open Area atau Bidang Terbuka yang menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh komunikator disadari sepenuhnya oleh yang bersangkutan, juga oleh orang lain; ini berarti adanya keterbukaan, atau dengan lain perkataan tidak ada yang disembunyikan kepada orang lain.

Area II, yaitu Blind Area atau Bidang Buta menggambarkan bahwa perbuatan komunikator diketahui oleh orang lain, tetapi dirinya sendiri tidak menyadari apa yang ia lakukan.

Area III, yaitu Hidden Area atau Bidang Tersembunyi adalah kebalikan daripada Area II, yakni bahwa yang dilakukan komunikator disadari sepenuhnya olehnya, tetapi orang lain tidak dapat mengetahuinya. Ini berarti bahwa komunikator bersikap tertutup, ia merasa bahwa apa yang dilakukannya tidak perlu diketahui oleh orang lain.

Area IV, Unknown Area, Bidang Tak Dikenal adalah yang terakhir yang menggambarkan bahwa tingkah laku komunikator tidak disadari oleh dirinya sendiri, tetapi juga tidak diketahui oleh orang lain.

Seorang komunikator yang baik akan selalu menjaga ethosnya tidak turun, bahkan terus menaik. Ini ditentukan oleh mahir tidaknya ia ber-komunikasi. Dalam hubungan ini persiapan selalu sangat diperlukan. Karena itulah bagi seorang komunikator berlaku sebuah pemeo yang berbunyi :

Qui ascenait sine labore

Descendit sine honore

Artinya secara harfiah : Siapa yang naik tanpa kerja, akan turun tanpa kehormatan. Maknanya dalam hubungan dengan komunikasi: Siapa yang berkomunikasi tanpa persiapan, akan memperoleh kegagalan.

KONSEP JOHARI WINDOW BAGI KOMUNIKATOR | ADP | 4.5