MENGENAL JENIS-JENIS ARTIKEL

By On Friday, May 8th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Secara umum artikel dapat dibedakan menurut jenis serta tingkat kesylitan yang dihadapinya, antara lain:

  1. Artikel praktis.
  2. Artikel ringan.
  3. Artikel halaman opini.
  4. Artikel analisis ahli.

 

Perbedaan artikel menurut jenisnya, sangat penting bagi kita untuk melihat dan mengukur kemampuan kita, sesuai dengan bidang pengamatan, pengetahuan, dan keahlian masingmasing. Jika dalam dunia tinju terdapat kelas-kelas, maka begitu juga dalam dunia artikel. Penetapan kelas dan ranking, tentu saja disesuaikan dengan kondisi objektif serta besaran prestasi yang sudah diraih. Petinju yang loncat pagar dari kelas bulu ke kelas berat misalnya, tentu saja merupakan tindakan bunuh diri. Dia pasti menuai kekecewaan dan kegagalan. Kita harus konsisten, disiplin, dan senantiasa berlatih keras untuk mencapai kelas dan peringkat terbaik.

  1. Artikel praktis

Artikel praktis, lebih banyak bersifat petunjuk praktis tentang cara melakukan sesuatu (how to do it), misalnya petunjuk cara membuka internet, cara praktis merawat tanaman bonsai, sepuluh langkah membuat kue tart, kiat ramping dan cantik dalam 15 hari, atau cara cepat mengusai rumus dan hitungan matematika. Artikel praktis lebih menekankan pada aspek ketelitian dan keterampilan daripada masalah pengamatan dan pengembangan pengetahuan serta analisis peristiwa. Artikel praktis biasanya ditulis dengan menggunakan pola kronologis. Artinya pesan disusun berdasarkan urutan waktu  atau tahapan pekerjaan.

  1. Artikel ringan

Artikel ringan, lazim ditemukan pada rubrik anak-anak, remaja, wanita, dan keluarga. Artikel jenis ini lebih banyak mengangkat topik bahasan yang ringan dengan cara penyajiannya yang ringan pula, dalam arti tidak menguras pikiran kita. Untuk menerima atau mencernanya, kita sebagai pembaca tidak memerlukan persiapan dan perhatian secara khusus. Artikel ringan tak ubahnya makanan mie siap saji atau permen karet yang bisa dikunyah kapan dan di mana saja. Topik bahasan seperti kiat sukses belajar di perguruan tinggi, benarkah Anda tipe orang ambisius, sepuluh ciri wanita setia, atau sembilan kelemahan pria di mata wanita, termasuk ke dalam kategori artikel ringan. Siapa pun yang membacanya tidak perlu mengerutkan dahi, berpikir lebih keras, menganalisis lebih tajam, atau menggugatnya secara akademis. Artikel ringan bisa dibaca secara sekilas di tempat praktik dokter atau di ruangruang tunggu terminal, stasiun, atau bandara. Artikel ringan dikemas dengan gaya paduan informasi dan hiburan (infotainment) .

  1. Artikel halaman opini

Harap dipahami terlebih dahulu, semua artikel termasuk opini {views). Sifatnya sebagai pandangan subjektif. Jadi berbeda dengan berita [news) sebagai fakta objektif. Jika memang demikian, mengapa harus ada yang diberi nama artikel halaman opini? Penamaan artikel halaman opini dimaksudkan terutama untuk memudahkan kita dalam mengenali jenis-jenis artikel yang terdapat dalam surat kabar, tabloid, atau majalah. Selain itu untuk mengenali karakteristik isinya, cara pendekatannya, dan topik-topik yang dikupasnya. Sebagai contoh, artikel yang membahas cara cepat mengatasi jerawat, tidak akan ditemukan di halaman opini. Artikel opini lazim ditemukan pada halaman khusus opini bersama tulisan opini yang lain yakni tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom, dan surat pembaca. Artikel opini mengupas suatu masalah secara serius dan tuntas dengan merujuk pada pendekatan analitis akademis. Sifatnya relatif berat. Karena itulah, artikel opini kerap ditulis oleh mereka yang memiliki latar belakang pendidikan, pengetahuan, keahlian, atau pengalaman memadai di bidangnya masing-masing.

  1. Artikel analisis ahli

Artikel analisis ahli, biasa kita temukan pada halaman muka, halaman-halaman berita, atau halaman dan rubrik-rubrik khusus tertentu. Sesuai dengan namanya, artikel jenis ini ditulis oleh ahli atau pakar di bidangnya dalam bahasa yang populer dan komunikatif. Artikel analisis ahli mengupas secara tajam dan mendalam suatu persoalan yang sedang menjadi sorotan dan bahan pembicaraan hangat masyarakat. Topik yang diangkat dan dibahas macam-macam, seperti ekonomi, politik, pendidikan, sosial, agama, budaya, industri, iptek. Beberapa surat kabar besar di Indonesia, menyediakan ruangan khusus untuk artikel analisis ahli ini dalam halamanhalaman berita atau halaman-halaman dan rubrik khusus tertentu mereka. Salah satu tujuannya antara lain, mendekatkan pokok masalah yang sedang disorot dalam berita sebagai suatu persoalan yang mengandung pertanyaan, dengan tinjauan pakar di bidang yang sama yang memberikan penjelasan dan jawaban kepada sidang pembaca. Jadi, kita sebagai pembaca tidak hanya membaca berita yang memberikan pengetahuan, tetapi sekaligus juga mengikuti jalan pikiran dan temuan pakar yang memberikan panduan dan kesimpulan tentang apa yang seharusnya kita lakukan.

 

Incoming search terms:

  • jenis jenis artikel
  • Jenis artikel
  • artikel analisis ahli
  • artikel halaman opini
  • artikel dalam rubrik khusus disesuaikan dengan
  • contoh artikel analisis ahli
  • Contoh Artikel ringan
  • Jenis-jenis Artikel
  • pengertian artikel analisis ahli
  • pengertian artikel analisis ahli dalam bahasa jawa
MENGENAL JENIS-JENIS ARTIKEL | ADP | 4.5