MENGENAL KEBAIKAN / KEUNGGULAN TES ESEI

By On Wednesday, August 12th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Di samping kelemahan / kekurangan dari pada tes esei, juga mempunyai kebaikan / keunggulan jika dibandingkan dengan tes yang lainnya. Mungkin inilah salah satu salah bagi si pemakai tes mengapa dia menggunakannya.

Adapun keunggulan daripada tes esei ini adalah :

  1. tidak mudah ditebak.
  2. menuntut siswa memadukan semua pengetahuannya.
  3. sulit bagi siswa untuk saling mencontoh.
  4. menuntut siswa menyusun buah fikirannya secara baik dengan menggunakan tulisan dan kaiimat yang baik.
  5. dapat disusun dengan cepat dan mudah.

Terlepas dari kelemahan / kekurangan dari tes esei, apabila diperhatikan keunggulannya dan dipadukan dengan kaidah-kaidah penyusunannya maka dapat dikatakan bahwa tes esei baik sekali digunakan. Dengan menggunakan tes esei ini kiranya diharapkan hasil / mutu yang memuaskan dari pada siswa. Selanjutnya Bistok Sirait mengemukakan : “Ujian esei terutama sesuai untuk mengukur proses mental tingkat tinggi, seperti analisis, sintesis, evaluasi dan pengorganisasian bahan: Proses tingkat tinggi ini sukar, kadang-kadang tidak mungkin diukur dengan teknik memakai pertanyaan-pertanyaan jenis seleksi. Misalnya, jika seorang guru sejarah tertarik dalam mengukur kemampuan murid dalam memakai informasi sosial, ekonomi dan politik untuk melahirkan sebuah hipotesis yang dapat dipertahankan tentang struktur politik dan budaya sebuah masyarakat ma-ka tes ini adalah bentuk ujian yang paling tepat dipakai. (Sirait, 1982:29).

Kiranya semakin jelaslah betapa besarnya keunggulan daripada tes esei ini apabila memang benar-benar dirancang/ dibuat sesuai dengan fungsinya.

 

MENGENAL KEBAIKAN / KEUNGGULAN TES ESEI | ADP | 4.5