MENGENAL KELOMPOK-KELOMPOK PENYELEWENG

By On Friday, November 21st, 2014 Categories : Bikers Pintar

Dalam masyarakat pada umumnya didapati kelompok-kelompok yang tidak menyesuaikan diri dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Kelompok-kelompok inilah yang disebut kelompok penyeleweng. Penyelewengan mereka mempunyai alasan yang berbeda, namun dari hasil pengamatan motivasi penyimpangan mereka disebabkan dua hal, yaitu:

  1. Kelompok yang Tidak Puas dengan Situasi dan Kondisi Masyarakat

Kelompok ini dibagi dalam dua golongan: golongan ekstrem, dan golongan moderat. Golongan ekstrem (ekstrem nonkonformis) meliputi dua golongan: ekstrem kanan dan ekstrem kiri. Golongan ekstrem kanan mengadakan penyimpangan dari pola dasar haluan masyarakat atau negara yang telah disepakati secara resmi oleh masyarakat atau negara yang bersangkutan, karena pola dasar (misalnya haluan negara) mereka anggap tidak sanggup menjamin tercapainya nilai spiritual keagamaan yang mereka inginkan. Golongan ekstrem kiri menyimpang dari pola dasar masyarakat atau negara, karena mereka menganggap bahwa pola dasar itu tidak sanggup menjamin tercapainya nilai-nilai material secara memuaskan. Perlu dicatat bahwa istilah kanan dan kiri tidak dipakai oleh kelompok yang berkepentingan, melainkan oleh pihak ketiga yang menilainya, atau pihak yang mengadakan analisis.

  1. Kelompok yang Tidak Sanggup Mengikuti Peraturan Permainan yang Berlaku

Kelompok ini mempunyai alasan masalah kondisi yang tidak normal, antara lain: gangguan fisik, gangguan mental, gangguan moral dan sosio-kultural. Kelompok yang mewakili mereka yang abnormal ini antara lain:

– Kelompok Penderita Gangguan Mental /Psikis

Kelompok ini melakukan penyelewengan dari norma umum bukan karena kemauan jahat melainkan karena gangguan jiwa. Demi kepentingan umum dan demi alasan revalidasi, mereka dikucilkan dalam lingkungan tersendiri.

– Kelompok Penderita Cacat Badani (Fisik – Organik)

Yang termasuk kelompok ini adalah para penderita bisu tuli, timpang, lanjut usia, penderita-penderita lainnya. Mereka memerlukan perawatan tersendiri di tempat-tempat yang khusus didirikan untuk mereka.

– Kelompok Pengemis, Gelandangan, Pelacur, Penganggur Kelompok ini tidak sanggup mengatasi struktur masyarakat dan sistem sosial-ekonomi yang kurang menguntungkan, baik karena salah urus maupun salah organisasi. Mereka tidak mendapat bagian yang wajar dari penghasilan nasional.

– Kelompok Kriminal

Yang termasuk kelompok ini adalah mereka yang melakukan kejahatan (crime) dan yang terbukti melanggar peraturan hukum yang berlaku dan oleh karenanya dijatuhi hukuman. Para narapidana ini disingkirkan ke dalam lembaga pemasyarakatan untuk dididik agar dapat kembali sebagai warga masyarakat yang baik. Dari kelompok penjahat ini terdapat para pembunuh, perampok, pencuri dan koruptor dan sebagainya. Para penyeleweng yang negatif ini mempunyai motivasi yang berbeda. Sebagian dari mereka melanggar hukum karena frustrasi dan mencari kompensasi, sebagian lain karena mencari kekuasaan, yang lain karena ingin mencari keuntungan material semata-mata. Namun semua mencari keuntungan dengan cara yang dicela oleh masyarakat.

Incoming search terms:

  • pengertian ekstrim kanan
  • Ekstrim kanan
  • pengertian ekstrim kiri dan ekstrim kanan
  • perbedaan ekstrim kiri dan ekstrim kanan
  • Ekstrim kiri
  • ekstrim kanan dan ekstrim kiri
  • ekstrim kanan dan kiri
  • ekstrim kiri dan ekstrim kanan
  • pengertian ekstrim kanan dan kiri
  • pengertian ekstrim kiri
MENGENAL KELOMPOK-KELOMPOK PENYELEWENG | ADP | 4.5