MENGENAL SERTIFIKASI ISO 9000

By On Tuesday, July 28th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Serifikasi adalah prosedur bagi pihak tertentu memberikan jaminan .secara tertulis bahwa produk, proses dan pelayanan tertentu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Sertifikasi merupakan hak suatu istimewa suatu perusahaan.

Proses sertifikasi secara umum dapat dibagi ke dalam 3 tingkatan. Sertifikasi yang pertama dilakukan sendiri oleh pemasok terhadap bahan pasokannya yang dikenal sebagai “First Party Certification”. Walaupun demikian, perusahaan pembeli masih dibolehkan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah pemasoknya memenuhi persyaratan Standar ISO 9000.

Jika pemasok yang diperiksa tadi memenuhi persyaratan Standar ISO 9000, kemudian perusahaan pembeli akan melakukan sertifikat bagi pemasok, yang disebut sebagai “Second Party Certification”. Sertifikasi ini berlaku selama hubungan antara pemasok dan perusahaan pembeli masih berlangsung.

Kebanyakan perusahaan pembeli menginginkan pemeriksaan sistem mutu dilakukan oleh lembaga yang diakui oleh ISO 9000 dari pihak ketiga, langkah-langkah yang dapat diambil sebagai berikut (Dayao, 1993):

  1. Evaluasi prosedur mutu yang ada sekarang dan bandingkan dengan persyaratan dari Standar ISO 9001 sampai dengan ISO 9003.
  2. Identifikasi tindakan perbaikan yang di-butuhkan untuk penyesuaian dengan seri Standar ISO 9000.
  3. Persiapkan program jaminan mutu.
  4. Lakukan pendefinisian, pembakuan dan pelaksanaan prosedur baru.
  5. Persiapkan buku pedoman mutu.
  6. Adakan pertemuan awal dengan Lembaga Sertifikasi untuk menganalisis buku pedoman mutu.
  7. Penilaian oleh Lembaga Sertifikasi.
  8. Pengeluaran Sertifikat.

Dalam melakukan beberapa tahapan tersebut sebelum dilakukan pertemuan dengan pihak ketiga, perusahaan dapat menggunakan jasa konsultan untuk membantu memenuhi prosedur yang telah ditetapkan dalam Standar ISO 9000.mengenal

MENGENAL SERTIFIKASI ISO 9000 | ADP | 4.5