MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS WAKTU PENYELESAIAN KERJA

By On Sunday, August 16th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Pengertian produktivitas, waktu-waktu apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu kerja yang meliputi waktu kerja dasar, waktu kerja tambahan/pemborosan waktu serta waktu kerja tidak efektif. Sekarang akan dibahas tentang cara mengurangi waktu yang tidak efektif serta pemborosan waktu kerja sehingga produktivitas penyelesaian waktu kerjanya bisa dinaikkan. Di dalam suatu industri, tugas ini harus dilakukan secara terpadu antara manajemen dan karyawan dibantu dengan pengetahuan teknis praktis.

  1. Cara-cara manajemen dalam mengurangi pemborosan waktu kerja

Cara-cara manajemen dalam mengurangi pemborosan waktu kerja bisa dilukiskan dalam suatu diagram seperti terlihat di gambar 5. Bagian A menggambarkan cara-cara mengurangi pemborosan waktu kerja akibat dari kesalahan perencanaan prooduk sedangkan bagian B mengga-mbarkan cara-cara manajemen mengu-rangi waktu kerja akibat kesalahan proses produksi. Gambar 5 bisa diterangkan sebagai berikut: (ILO, 1977)

  1. Analisa pengembangan produk

1) Sering dijumpai produk direncanakan sedemikian rupa sehingga tidak mungkin dilakukan proses pengerjaan yang ekonomis. Juga sering dijumpai produk direncanakan sedemikian rupa sehingga untuk membuat benda jadi harus banyak material yang dibuang dari benda baku. Hal ini tentu saja mengakibatkan proses pengerjaannya monjadi panjang. Terjadinya kesalahan di atas umumnya karena perencana kurang menguasai cara-cara proses pengerjaan benda kerja dan ini sering terjadi pada industri pengerjaan logam. Hal di atas bisa diatasi bila ada kerja sama antara perencana dengan staf produksi sejak awal perencanaan. Jika produk sedang diproduksi dalam jumlah yang banyak (misalnya produksi masal), maka untuk mencari kesalahan perencanaan itu adalah tugas dari staf produksi sedangkan hasilnya dilaporkan ke bagian pengembangan produk untuk diadakan analisa lebih lanjut sehingga pemborosan waktu kerja bisa ditanggulangi.

2) Spesialisasi dan standarisasi Spesialisasi dan standarisasi merupakan suatu teknik untuk mengurangi variasi/jenis dan produk atau komponen sesedikii mungkin sehingga prosOs produksi bisa dipercepat dengan menggunakan mesin-mesin khusus.

3) Riset pasar, konsumen dan produk

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS WAKTU PENYELESAIAN KERJA | ADP | 4.5