PENGEMBANGAN TANAMAN RAMI

By On Thursday, June 25th, 2015 Categories : Bikers Pintar

Daerah yang paling cocok untuk pengembangan tanaman rami umumnya adalah daerah dataran tinggi yang dengan ketinggian 800 m sampai 1200 m di atas permukaan laut. Daerah seperti tersebut merupakan daerah yang potensial untuk tanaman sayuran dan tanaman hortikultura yang dianggap lebih menguntungkan. Disamping ketersediaan lahan dan modal yang terbatas bagi petani,keuntungan yang tipis clan pemasaran yang belum begitu terarah juga merupakan faktor persaingan usaha pengembangan budidaya tanaman rami dengan komoditi lain.

Pengusahaan Tanaman Rami Masa Sekarang Dan Masa Datang

Saat sekarang umumnya tanaman ramb diusahakan oleh para petani yang mempunyai lahan relatif sempit dan terpencar—pencar menyebabkan pemakaian dekortikator tidak efisien dan kurang ekonomis yang juga merupakan salah satu sebab kurang beruntungnya oengusahaan pengembangan tanaman rami pada masa sekarang.

Di daerah Cibodas kecamatan Lembang pada saat sekarang sedang diusahakan pengembangan tamanan rami oleh petani yang telah terkoordinir dengan luas areal direncanakan 20.0 ha dan baru teralisasi seluas 12.5 ha. Pada daerah tersebut sekarang yang menjadi masalah adalah pelembaran hasil atau jalur pemasaran yang belum stabil.

Dalam pengusahaan tanaman rami produksi yang optimal didapatkan pada tahun ketiga, keempat sampai tahun kelima. Dan produksi tanaman rami akan menurun lagi pada tahun keenam dan ketujuh, sehingga perlu dilakukan peremajaan. Untuk hal itu pengusahaan tanaman rami dimasa mendatang akan dapat berkembang jika faktor-faktor penghambatnya diperhatikan.

PENGEMBANGAN TANAMAN RAMI | ADP | 4.5