PENGERTIAN – ARTI SKOLASTISISME

By On Monday, August 12th, 2013 Categories : Bikers Pintar

SKOLASTISISME

Inggris: scholasticism; dari bahasa Latin scholasticus, dari Yunani scholastikos yang berarti guru; dari scholaszein (waktu senggang). Kata ini sendiri diperoleh dari bahasa Latin schola (sekolah, guru).

Skolastisisme adalah gerakan intelektual dari para Skolastik Eropa Abad Pertengahan. Walau agak tidak pasti awal dan akhir gerakan ini, namun mungkin gerakan ini dapat dispesifikasi dalam konteks kejayaannya, yang ditandai dengan munculnya Summae agung (atau Sumasi Teologi dan Filsafat) pada abad ke-13. Amat panjang daftar orang yang mempersiapkan Summae. Dapat kita sebut, di antaranya, Hugo dari Saint Victor, Alexander dari Hales, Petrus Lombardus, Robert Grosseteste, dan Thomas Aquinas.

Selama periode ini, Skolastisisme melakukan usaha intelektual raksasa untuk meneliti pokok-pokok iman dan akal dan menjadikannya satu sistem tunggal. Skolastisisme diarahkan kepada universitas, dan memang mendorong lahirnya universitas. Dalam ungkapannya yang paling lengkap, Skolastisisme bertalian lebih erat dengan Aristotelianisme dibandingkan dengan Platonisme. Tetapi kedua filsafat ini dipeluk oleh kaum Skolastik.

Metode kaum Skolastik ialah metode debat. Di sini suatu problem dipecah-pecah ke dalam bagian-bagiannya. Sanggahan-sanggahan diajukan dan dijawab secara sistematis. Dan jawaban yang tepat atas pertanyaan itu pada akhirnya dibuat.

Ada yang mematoki permulaan periode Skolastik pada abad ke-7 dan merentang sampai abad ke-15. Semua sepakat bahwa puncak kejayaannya pada abad ke-12 dan ke-I3.

Incoming search terms:

  • Scholastisisme
  • skolastisisme
  • skolatisme
PENGERTIAN – ARTI SKOLASTISISME | ADP | 4.5