PENGERTIAN – ARTI TEOSOFI

By On Tuesday, August 13th, 2013 Categories : Bikers Pintar

TEOSOFI

Inggris theosophy, dari Yunani theos (Allah) dan sophia (kebijaksanaan). Ammonius Saccas membuat istilah ini untuk mengacu kepada sistem pemikiran tertentu dari Timur, yang menekankan clairvoyance (kewaskitaan) dan telepati. Madame Blavatsky mendirikan perkumpulan Teosofi tahun 1876; pemimpinnya yang ternama di Amerika adalah Annie Besant.

Beberapa Pandangan

1. Konsep ini terkadang disamakan dengan teologi dan kadang- kadang dengan beberapa bentuk mistisisme. Teosofi yang sebenarnya adalah ajaran E. Blavatskaya (1831 — 1891). Dia mendirikan kelompok teosofi di New York tahun 1875. (Tidak lama kemudian pusatnya dipindahkan ke India dan kini masih berfungsi.)

2. Teosofi berusaha mencari, dan mengolah kecenderungan-kecenderungan yang menurut para penganjurnya sebenarnya terdapat dalam setiap manusia dengan tujuan mencapasi suatu visi tentang Allah. Dengan visi tersebut orang dapat menemukan pengetahuan misterius tentang segala sesuatu.

3. Setelah meninggalkan kalangan teosofis, R. Steiner mendirikan versinya sendiri yang disebut “antroposofi”. Ia dianggap sebagai bapa antroposofi hingga tahun 1913- Antroposofi lebih tergantung pada kultus-kultus Mesir dan Yunani. Teosofi modern merupakan bentuk panteisme.

4. Teosofi modern meyakini bahwa dunia tersusun dari rangkaian emanasi, yang merupakan aneka tahap antara roh dan materi. Tetapi di antara tahap-tahap ini tidak terdapat perbedaan hakiki. Emanasi-emanasi dilukiskan dengan kosmogoni fantastis, yang disertai pandangan tentang sejarah yang tidak kurang fantastisnya. Manusia merupakan komposisi tetap dari tujuh substansi yang berlainan. Empat darinya termasuk tingkat material dan tiga lainnya termasuk tingkat spiritual. Badan yang menyatakan tujuan substansi ini adalah “manas” (menurut Steiner “ego”). “Manas” ini sebenarnya satu dalam semua manusia dan disatukan dengan materi hanya untuk sementara, yaitu selama kehidupan di bumi. Setelah kematian, perbuatan baik dan perbuatan jahat tersusun dalam reinkarnasi-reinkarnasi baru, atau dalam bentuk eksistensi yang lebih rendah atau lebih tinggi. Dan ini akhirnya mengarah kepada pembebasan benih ilahi” dalam setiap manusia dan kepada pintu masuk nirwana.

5. Dalam moralitas, kaum teosofis mengikuti bentuk-bentuk Budhisme yang sudah modern. Yang merupakan perhatian utama adalah hukum kasih persaudaraan (dalam pengertian agama Budha) dan bentuk-bentuk asketisisme. Doa pribadi ditolak dan penyelamatan jiwa seseorang seluruhnya tergantung pada manusia.

Incoming search terms:

  • teosofi
  • pengertian teosofi
  • pengertian theosofi
  • makalah teosofi
  • teosofi adalah
  • theosofi adalah
  • definisi teosofi
  • theosofi
  • arti theosofi
PENGERTIAN – ARTI TEOSOFI | ADP | 4.5