PENGERTIAN BAHAN DARI SEJARAH HIDUP PRIBADI

62 views

Dalam sejumlah penelitian utama mengenai kebudayaan dan kepribadian seperti yang dilakukan oleh DuBois dan Gladwin, sejarah hidup dari para informan atau pemberi keterangan telah dikumpulkan. Kesulitannya di sini ialah, bahwa umumnya yang bersedia menghabiskan waktu untuk menceritakan sejarah hidupnya kepada seorang ahli antropologi adalah anggota masyarakat yang menderita gangguan emosional, dan yang kurang berhasil dalam hidupnya. Cora DuBois menemukan, bahwa orang-orang Alor yang lebih berhasil dalam hidupnya terlalu sibuk dengan usaha dan urusan mereka, sehingga tidak tertarik kepada kegiatan semacam itu.

Metoda penentuan sampel dari subyek yang dipelajari untuk memperoleh corak kepribadian yang seluas mungkin, direncanakan oleh Gladwin dalam penelitiannya mengenai Truk, dan oleh G. Morris Carstairs dalam penelitiannya mengenai orang-orang Hindu dari kasta tinggi. Carstairs berusaha untuk memasukkan dalam sampelnya orang-orang yang berhasil dan yang gagal, dari tingkat umur yang berbeda dan juga informan yang merupakan anak sulung, dan anak-anak di bawah urutan itu.

Dalam membahas sejarah hidup, peneliti mencoba menemukan soal-soal pokok atau tema yang senantiasa diulang-ulang, dan nilai-nilai serta sikap yang tersirat atau implisit pada si pencerita. Pokok-pokok mana yang dipilihnya untuk diceritakan dan soal-soal apakah yang didiamkannya? Mimpi dan hal-hal yang bersangkutan dengan mimpi dapat pula dicatat, seperti yang dilakukan oleh DuBois di Alor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *