PENGERTIAN BERKAS PEMBULUH

By On Tuesday, June 23rd, 2015 Categories : Bikers Pintar

Dalam pertumbuhannya tanaman memerlukan banyak energi yang diperoleh melalui proses fotosentesis yang bahan dasarnya sebagian besar diserap dari dalam tanah berupa garam-garaman bersama air. Sebagai akibat dari pertumbuhan maka bertambah pula ukuran besar dan tinggi tanaman yang berarti semakin jauh jarak antara tanah sebagai sumber bahan makanan dan daun yang memproses makanan tersequt. Oleh sebab itu diperlukan suatu alat transportasi yang cepat.

Kalau kita perhatikan pengangkutan air dalam suatu biji yang sedang berkecambah maka air tersebut akan masuk dari luar menuju embrio melalui suatu proses osmose dan imbibisi. Jadi air masuk melalui sel demi sel yang tersusun secara berurutan. Hal ini dimungkinkan karena antara satu sel dengan sel lainnya terdapat pori atau berupa noktah yang berperan mengubungkan sel satu dengan sel lainnya. Kalau kita perhatikan kecambah yang lebih besar maka susunan sel yang perlu dilalui oleh air semakin jauh lagi mulai dari ujung akar sampai ujung tunas sehingga diperlukan susunan sel secara khusus. Namun untuk -tumbuhan yang dewasa hubungan saluran melewati sel-sel demi melalui noktah atau pori saja tidak akan mencukupi karena diperlukan transportasi yang cepat dalam jumlah banyak guna mengimbangi pertum-buhan dari tanaman tersebut. Untuk itu diperlukan jaringan khusus yang akan dapat menyalurkan air dan garam-garaman dari dalam tanah ke daun dan sebaliknya jaringan khusus yang akan mengalirkan hasil fotosintesis dari daun ke organ-organ yang memerlukan dan jaringan ini disebut sebagai berkas pengangkut atau berkas pembuluh. Da’am tanaman tingkat tinggi berkas pembuluh ini tadi dibagi dalam dua golongan besar yaitu berkas pembuluh yang mengangkut bahan-bahan mineral bersama garam-garaman dan air dari dalam tanah ke daun disebut sebagai pembu-luh kayu atau silem dan berkas pembuluh yang mengangkut hasil fotosintesis ke organorgan tanaman yang memerlukannya disebut sebagai berkas pembuluh ayak atau pembuluh tapis atau floem.

Silem atau pembuluh kayu terdapat pada bagian kayu dari tanaman yang terdiri dari unsur-unsur tracheal atau vasaal yaitu trachea tracheida, buluh tracheida, serat tracheida, serat libriform dan parencirn kayu, Semua unsur-unsur tracheal ini mengalami fusi bergantung pada tahapannya. Pada serabut libriform fusinya paling kecil, diikuti oleh serabut tracheida kemudian buluh tracheida dan seterusnya, sehingga secara phylogenetis dapat dianggap bahwa serabut tracheida serasal dari serat libriform yang fusinya telah lebih besar dan seterusnya. Namun tahapan ini tidak akan berjalan terus sehingga tidak berarti bahwa suatu waktu tracheida akan menjadi trachea jika dalam proses fusinya sel telah mengalami kematian sebekim sampai kepada fusi yang sempurna.

Selain mengadakan fusi sekat dinding sel, unsur-unsur tracheal juga mengalami penebalan dinding selnya menurut arah longitudinal sehingga ditemukan pipa-pipa pembuluh yang kuat sehingga disamping peranannya sebagai berkas pembuluh sekaligus juga berperan sebagai jaringan penguat.

Pada trachea fusi telah berjalan sempurna sehingga sekat antara satu sel dengan sel lainnya telah lenyap sama sekali sehingga deretan sel penyusun pembuluh tadi telah berubah menjadi pipa-pipa saluran panjang yang dapat mencapai rata-rata 10 cm sampai 100 cm tetapi kadang-kadang ada yang sampai 5 meter sehingga pengangkutan berlangsung lancar bebas tanpa hambatan. Dalam keberadaannya saluran pipa-pipa silem ini tadi tak pernah berdiri sendiri tetapi sela’u terdapat dalam suatu kumpulan yang disebut sebagai berkas silem atau streng silem (Xileemstreng)

Floem tersusun dari sel-sel yang disebut sebagai unsur-unsur cribraal yang terdiri dari sel-sel yang sekatnya seperti tapisan atau ayakan dan sel-sel pengiring atau pendamping atau pengikut. Karena floem ini tersusun . dari deretan sel-sel yang memiliki sekat seperti tapisan tersebut rfiaka floem biasa juga disebut sebagai pembuluh tapis atau pembuluh ayak. Jadi dalam floem ini sekat yang menghubungkan satu sel dengan deretan sel lainnya belum mengalami fusi yang sempurna dan dindingnya hanya mengalami penebalan sedikit dibanding dengan silem dan floem, masih tetap merupakan sel hidup. Sifat hidup dari sel-sel penyusun floem ini tadi masih tetap dipertahankan karena peranwinya menyalurkan bahan-bahan organik hasil proses fotosintesis keseluruh organ tanaman yang memerlukan harus bersifat selektif yang hanya akan dapat dilakukan oleh sel hidup. Oleh sebab itu floem ini masih memerlukan energi dalam melakukan fungsinya sebagai alat kontrol penyaluran hasil produk fotosintesis dan diduga sel pengiring atau pengikut mempunyai peranan memberi makan kepada sel tapis ini tadi. Dalam menjalankan peranannya floem ini juga tidak dapat berdiri sendiri tetapi berkumpul berkelompok membentuk satu berkas yang disebut berkas floem atau streng floem (phloemstreng).

 

Incoming search terms:

  • berkas pembuluh
  • pengertian berkas pembuluh
  • Berkas pembuluh adalah
  • apa yang dimaksud berkas pembuluh
  • apa yang dimaksud dengan berkas pembuluh
PENGERTIAN BERKAS PEMBULUH | ADP | 4.5