PENGERTIAN CONVERSATION ANALYSIS (ANALISIS PERCAKAPAN) ADALAH

By On Wednesday, March 10th, 2021 Categories : Bikers Pintar

Organisasi interaksi sosial.

Pengertian conversation analysis (analisis percakapan) adalah Terkadang disingkat CA, ini adalah bidang sosiologi yang berkaitan dengan organisasi interaksi sosial dalam konteks sehari-hari dan lingkungan institusional tertentu. Bi­dang ini berasal dari riset Harvey Sacks dan rekannya, Emmanuel Schegloff dan Gail Jefferson, tetapi kemudian bidang ini muncul sebagai produk dari pengaruh ETHNOMETHODOLOGY dan analisis interak­sional dari Erving Goffman. Pada awalnya bidang ini digagas dalam kuliah-kuliah Scaks (1964-72) dan kemudian CA tum­buh menjadi bidang riset yang dipraktikan di seluruh dunia.

Praktik normatif umum. Pengertian conversation analysis (analisis percakapan) adalah

Banyak dari kompetensi ini memiliki dimensi nor­matif. CA menganut pandangan etnome­todologi yang menyatakan bahwa sekum­pulan praktik normatif umum merupakan dasar dari pelaksanaan dan interpretasi tindakan dan mereka diimplementasikan dalam konteks sosial yang dinamis yang, sampai tingkat tertentu, diubah dengan adanya kontribusi suksesif terhadap inter­aksi. Analisis terhadap praktik-praktik ini dimungkinkan karena selama jalannya in­teraksi masing-masing pihak (entah sadar atau tidak) menunjukkan pemahaman dan menganalisis perilaku orang lain melalui produksi tindakan berikutnya dalam suatu sekuensi (urutan). CA memuat kerangka analitis yang didasarkan pada fakta ini. Jadi, alih-alih berfokus pada pembicara dan niat individualnya, CA lebih memer­hatikan praktik normatif yang membentuk urutan interaksi antarpembicara dan de­sain tindakan atau ucapan di dalam seku­ensi ini. Pemanfaatan pendekatan ini telah menghasilkan banyak temuan tentang tindakan organisasi, tentang pemahaman mutual di dalam interaksi, dan tentang se­jauh mana temuan dari data interaksi dari kultur tertentu itu bersifat universal atau hanya pada level kultural spesifik.

Interaksi alamiah. Pengertian conversation analysis (analisis percakapan) adalah

Pendekatan empiris dari CA adalah pendekatan observasional dan naturalis­tis, bukan eksperimental. Ia didasarkan pada data yang dikumpulkan dari setting interaksi alamiah yang direkam dengan audiotape atau videotape atau film. Ke­banyakan data ini diambil dari percakapan biasa antara kawan dan kenalan. Jenis per­cakapan ini merepresentasikan bentuk in­teraksi paling mendasar di sebagian besar, atau bahkan semua, kultur. Pengertian conversation analysis (analisis percakapan) adalah Seperti diamati Schegloff, tempat primordial dari sosialitas manusia adalah dalam interaksi jenis ini dan ia mcrupakan aspek signifikan dalam %tudi tindakan sosial dan penalaran prak­tis. Percakapan biasa atau perbincangan sehari-hari adalah bentuk interaksi yang pertaina kali ditunjukkan manusia sclama proses SociAtizATIoN. Analisis terhadap %u­sunan dasarnya akan memberikan basis untuk menganalisis dan mendokumentasi­kan tindakan atau perilaku dalam bentuk interaksi spesifik, misalnya, di pengadilan, saat wawancara, konsultasi medis, dan se­bagainya. Riset CA dan temuannya merupakan inovasi perpaduan pendekatan sosiologis terhadap sifat tindakan dan interaksi sosia I dengan kajian analitis dari kubu pragmatis­linguistik. Detail dan penambahan tennt­an-temuan ini membuka peluang ba ru untuk studi spesifik tentang cara keria institusi sosial dan hal ini memenga secara signifikan ilmu-ilmu lain sepert i all tropologi, lingistik, psikologi sosial, ‘ dan ilmu kognitif.

PENGERTIAN CONVERSATION ANALYSIS (ANALISIS PERCAKAPAN) ADALAH | ADP | 4.5