PENGERTIAN DADIA

By On Friday, February 14th, 2014 Categories : Bikers Pintar

DADIA
Klen kecil patrilineal di daerah Bali Hindu dan Bali Aga, adalah sekelompok kekerabatan yang terdiri atas segabungan rumah tangga yang merasa berasal dari satu nenek moyang dan satu sama lain terikat melalui garis keturunan laki-laki.
Dadia merupakan kesatuan sosial politik dan keagamaan yang penting di daerah pedesaan Bali. Pemimpin-pemimpin desa, baik formal maupun informal, misalnya pemimpin adat, diangkat dan dipilih dari wakil-wakil dadia yang ada. Warga suatu dadia mempunyai kewajiban-kewajiban tertentu dan selalu bekerja sama untuk memperkuat solidaritas kelompok dadia. Kerja sama dalam dadia misalnya diperlihatkan dalam rangka mengadakan upacara pengabenan untuk warga dadia yang telah meninggal.

Adat perkawinan yang berlaku di daerah Bali adalah endogami dadia. Perkawinan yang dianggap ideal adalah yang dilakukan oleh sesama warga dadia, atau antara orang yang dianggap setingkat kedudukannya dalam adat, agama, dan kasta. Dengan demikian, seorang Bali dianjurkan untuk mencari jodoh di kalangan anggota dadianya sendiri.
Warga suatu dadia memiliki tempat pemujaan dewa-dewa yang dianggap roh leluhur asal. Dewa-dewa leluhur dadia tersebut bersemayam di kuil dadia Csanggah). Orang Bali percaya bahwa roh leluhur akan menitis kembali ke dalam tubuh anggota dadianya. Oleh sebab itu, setiap orang Bali selalu terikat dan memiliki kewajiban terhadap sanggah asal dadianya.

PENGERTIAN DADIA | ADP | 4.5