PENGERTIAN ETHOS KOMUNIKATOR

By On Thursday, November 13th, 2014 Categories : Bikers Pintar

Sejak zaman Yunani Purba tatkala komunikasi masih berkisar pada komunikasi lisan yang waktu itu dinamakan retorika ditekankan kepada para komunikator yang dalam retorika disebut orator atau rhetor agar mereka melengkapi diri dengan ethos, pathos, dan logos (Casmir, 1974 : 19 – 20).

  1. a) Ethos

Ethos berarti “sumber kepercayaan” (source credibility) yang ditunjukkan oleh seorang orator bahwa ia memang pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena seorang ahli, maka ia dapat dipercaya.

  1. b) Pathos

Pathos berarti “imbauan emosional (emotional appeals)” yang ditunjukkan oleh seorang rhetor dengan menampilkan gaya dan bahasanya yang membangkitkan kegairahan dengan semangat yang berkobar-kobar pada khalayak.

  1. c) Logos

Logos mengandung arti “imbauan logis” (logical appeals) yang di-tunjukkan oleh seorang orator bahwa uraiannya masuk akal sehingga patut diikuti dan dilaksanakan oleh khalayak.

Walaupun pegangan para orator zaman Yunani Purba itu sudah ratusan tahun sebelum Masehi usianya, namun zaman sekarang, pada waktu mana komunikasi tidak lisan semata-mata, tetapi sudah berkembang dengan menggunakan media massa modern yang sanggup menjangkau khalayak yang banyaknya sebanyak penduduk dunia dan jauhnya melewati batas negara, para komunikator kini dianjurkan untuk memperhatikannya Terutama ethos mutlak harus dimiliki oleh setiap komunikator, oleh karena apabila seorang komunikator tidak memiliki ethos, setiap komunikasi yang ia lakukan besar kemungkinan akan menimbulkan efek bumerang (boomerang effect), yang menyebabkan ia kehilangan kepercayaan, kehormatan, dan wibawa.

Timbul kini pertanyaan, apa komponen ethos dan apa faktor pendukung ethos? Mengenai hal ini dapat kita simak paparan Austin J. Freeley dalam bukunya “Argumentation and Debate”.

Incoming search terms:

  • pengertian ethos
  • arti ethos
  • ethos adalah
  • definisi ethos
PENGERTIAN ETHOS KOMUNIKATOR | ADP | 4.5